Anies Bakal Lakukan Pengetesan Menyeluruh Virus Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan situasi virus corona di DKI Jakarta, Jumat (13/3/2020). JIBI - Bisnis/Aziz Rahardyan
15 Maret 2020 07:57 WIB Ni Putu Eka Wiratmini News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pemerintah DKI Jakarta segera melakukan pengetesan secara mandiri melalui Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya berupaya untuk dapat mendeteksi lebih cepat masyarakat yang terjangkit covid-19.

Saat ini, pemerintah DKI Jakarta sedang menunggu kepastian dari Kementerian Kesehatan untuk dapat melakukan pengetesan secara menyeluruh pada warga DKI Jakarta.

Adapun, per 1 Maret 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait virus corona di Jakarta adalah 129 orang. Per tanggal 12 Maret, jumlahnya menjadi 586 orang. Adapun Pasien Dalam Pengawasan pada tanggal 1 Maret ada 39 orang dan tanggal 12 Maret ini menjadi 261 pasien.

"Kemudian terkait dengan kegiatan pemeriksaan, kita sedang menunggu, kita sangat berharap untuk bisa mendeteksi lebih cepat," katanya, Sabtu (14/3/2020).

Menurutnya, apabila ada masyarakat yang terdeteksi membawa virus corona, maka pihaknya bisa langsung menghubungi. Kemudian, keluarha bersangkutan, kolega, maupun tetangga bersangkutan dalam posisi aman.

Anies juga menekankan virus corona bukanlah aib. Apabila ada masyarakat yang terdeteksi tidak harus disembunyikan. Sebaliknya, apabila terdeteksi harus menyampaikan supaya melindungi yang lain dari tertular. Sekaligus, melindungi diri agar bisa langsung ada tindakan perawatan.

"Karena itulah, kecepatan menjadi penting dan transparansi menjadi penting," katanya.

Sumber : Bisnis.com