Advertisement

Anies Bakal Lakukan Pengetesan Menyeluruh Virus Corona

Ni Putu Eka Wiratmini
Minggu, 15 Maret 2020 - 07:57 WIB
Nina Atmasari
Anies Bakal Lakukan Pengetesan Menyeluruh Virus Corona Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan situasi virus corona di DKI Jakarta, Jumat (13/3/2020). JIBI - Bisnis/Aziz Rahardyan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid-19, Pemerintah DKI Jakarta segera melakukan pengetesan secara mandiri melalui Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya berupaya untuk dapat mendeteksi lebih cepat masyarakat yang terjangkit covid-19.

Advertisement

Saat ini, pemerintah DKI Jakarta sedang menunggu kepastian dari Kementerian Kesehatan untuk dapat melakukan pengetesan secara menyeluruh pada warga DKI Jakarta.

Adapun, per 1 Maret 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait virus corona di Jakarta adalah 129 orang. Per tanggal 12 Maret, jumlahnya menjadi 586 orang. Adapun Pasien Dalam Pengawasan pada tanggal 1 Maret ada 39 orang dan tanggal 12 Maret ini menjadi 261 pasien.

"Kemudian terkait dengan kegiatan pemeriksaan, kita sedang menunggu, kita sangat berharap untuk bisa mendeteksi lebih cepat," katanya, Sabtu (14/3/2020).

Menurutnya, apabila ada masyarakat yang terdeteksi membawa virus corona, maka pihaknya bisa langsung menghubungi. Kemudian, keluarha bersangkutan, kolega, maupun tetangga bersangkutan dalam posisi aman.

Anies juga menekankan virus corona bukanlah aib. Apabila ada masyarakat yang terdeteksi tidak harus disembunyikan. Sebaliknya, apabila terdeteksi harus menyampaikan supaya melindungi yang lain dari tertular. Sekaligus, melindungi diri agar bisa langsung ada tindakan perawatan.

"Karena itulah, kecepatan menjadi penting dan transparansi menjadi penting," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD DIY Siapkan Rangkaian Kegiatan untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement