Rekor, Nenek 103 Tahun Sembuh dari Corona

Aktivitas petugas medis saat menangani pasien virus Corona di rumah sakit di Wuhan, Cina, 25 Januari 2020. - THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO via REUTERS
12 Maret 2020 14:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, WUHAN - Pasca menjalani perawatan selama enam hari, seorang nenek dari Wuhan, China memecahkan rekor terbaru sebagai orang paling tua yang sembuh dari virus Corona (Covid-19).

Mengutip Suara.com yang melansir Daily Mail , Zhang Guangfen dikeluarkan dari rumah sakit pada Selasa (10/03/2020) sore.

Sejauh ini, ia adalah pasien corona tertua yang sembuh di China. Zhang Guangfen dua tahun lebih tua dari pemegang rekor sebelumnya yang berusia 101 tahun.

Zhang sembuh dalam waktu kurang dari seminggu karena 'dia tidak memiliki banyak kondisi kesehatan yang mendasarinya', demikian kata dokter Zeng Yulan yang mengatakan pada pers.

Nenek itu didiagnosis menderita penyakit mematikan pada 1 Maret di Rumah Sakit Afiliasi Liyuan, Fakultas Kedokteran Tongji di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah.

Dia dalam kondisi kritis dan hampir tidak bisa berkomunikasi dengan petugas medis ketika dia dirawat di rumah sakit. Para perawat pun bergiliran memberi makan pasien dan mengganti popok untuknya. Beruntun, Zhang secara bertahap pulih setelah diberikan sesi terapi nutrisi dan perawatan 24 jam.

Pemerintah China sendiri telah mendorong warganya untuk kembali beraktivitas normal setelah angka penurunan kasus terpantau stabil. Virus corona Covid-19 telah menewaskan sedikitnya 3.158 orang di negara tersebut.

Sedangkan secara global, telah menginfeksi hampir 120.000 orang dengan selusin negara yang berjuang melawan wabah terburuk, termasuk Italia, Iran dan Korea Selatan.

WHO sendiri baru saja mengumumkan virus corona Covid-19 sebagai pandemi.

Sumber : Suara.com