Internal Pecah, Loyalis Minta Amien Rais Bentuk PAN Reformasi

Logo PAN - JIBI
11 Maret 2020 19:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Internal Partai Amanat Nasional (PAN) kini tengah bergolak.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Asri Anas mengatakan pihaknya tengah mengusulkan kepada tokoh PAN Amien Rais untuk membuat partai baru bernama PAN Reformasi. Usulan ini diinisiasi oleh loyalis atau 'gerbong' Amien.

Asri mengklaim, pihaknya sudah menyampaikan usulan tersebut kepada Amien Rais saat rapat bersama dengan ketua DPW, DPD serta tokoh PAN.

"Mereka ini mendesak Pak Amien, dari pada diperlakukan tidak benar oleh Zulkifli Hasan dan kawan-kawan sebagai petinggi, tidak dihormati, tidak diajak bicara sama sekali. Nah teman-teman mendorong agar dibentuk partai PAN Reformasi," kata Asri saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (11/3/2020).

Sebagaimana diketahui, pasca kongres PAN yang dimenangkan oleh Zulkifli Hasan, kondisi partai berlambang Matahari itu masih panas. Apalagi Amien sendiri dsebut tak diberi posisi dalam struktur baru PAN.

Asri mengatakan, pihak Zulkifli Hasan tidak pernah merangkul Amien untuk memperbaiki kondisi PAN. "Enggak ada sama sekali (diajak Amien) posisi dia sebagai Dewan Kehormatan selama ini diambil oleh mas Soetrisno Bachir. Karena Zulkifli Hasan menganggap Pak Amien Rais dianggap sebagai penghalang," ungkapnya.

Padahal, tambah Asri, Amien Rais merupakan tokoh utama di PAN. Ia merupakan sosok yang tak tergantikan sebagai pendiri partai, namun tak di beri penghormatan.

Asri mengklaim saat ini sudah ada 3.000 yang ingin mengusulkan partai PAN Reformasi tersebut. Disamping Amien yang tak dihargai mereka melihat PAN sudah tidak sesuai dengan garis pendiriannya.

"Juga ada 200 lebih DPD dan DPW siap bergabung mendirikan PAN Reformasi, tetap namanya PAN kalau perlu logonya apanya semuanya sama. Kalau perlu anggaran dasarnya sama seperti PAN didirikan," tandasnya.

Sumber : Okezone.com