Begini Cara Virus Corona Menginfeksi 13 Pasien Baru di Indonesia

Ilustrasi - Reuters/Dado Ruvic
09 Maret 2020 19:47 WIB Muhammad Khadafi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemerintah mengumumkan 13 pasien baru yang positif terinfeksi virus Corona (Covid-19), Senin (9/3/2020). Seluruh temuan ini merupakan hasil pengembangan dari pasien yang telah dinyatakan suspect atau terduga terjangkiti virus tersebut. 

Hingga Minggu (8/3/2020) kemarin, baru enam pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Covod-19. Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk Indonesia Achmad Yurianto mengatakan kasus ketujuh adalah perempuan berusia 59 tahun. Saat ini kondisinya menunjukan gejala sakit ringan menuju sedang.

"Ini adalah kasus imported case. Beliau yang bersangkutan baru kembali dari luar negeri dan beberapa saat kemudian menunjukan gejala kemudian diperiksa," kata Yuri di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Selanjutnya kasus kedelapan adalah laki-laki berusia 56 tahun. Kasus 07 ini, kata Yuri, terpapar dari kasus 06 yang merupakan istrinya.

Kasus 07 dilaporkan dengan kondisi sedang menuju berat. Namun hal ini, menurut Yuri, bukan disebabkan oleh Covid-19. Pasien 07 sebelumnya memiliki riwayat penyakit bawaan, yakni diabetes dan diare.

Selanjutnya kasus 09 adalah perempuan berumur 55 tahun. Kondisinya ringan menuju sedang, karena tidak memiliki riwayat penyakit lain. Pasien ini juga diduga terinfeksi saat melakukan perjalanan dari negara lain.

Adapun pasien lainnya adalah kasus 10 yang tercatat sebagai laki-laki berusia 29 tahun. Warga negara asing ini dalam kondisi ringan-sedang. "Ini adalah bagian dari tracing atas kasus 01," kata Yuri.

Kasus 01 adalah seorang perempuan yang diduga terinfeksi dari seorang warga negara Jepang. Saat itu dia tengah berada dalam satu pesta dansa berisi lebih kurang 50 orang.

Berikutnya, pasien kasus 11 adalah perempuan 54 tahun dengan kondisi sakit ringan menuju sedang. Kasus ini juga merupakan bagian dari pelacakan kasus 01.

Kasus selanjutnya, atau kasus 12 adalah laki-laki berusia 31 tahun. Pasien yang juga terkait dengan kasus 01 ini dalam kondisi ringan menuju sedang.

Kementerian Kesehatan juga mencatat pasien baru dari hasil pengembangan sub-klaster kasus 01. Kasus 03 dan 04 yang tertular dari kasus 01 diduga menularkan Covid-19 kepada orang-orang sekitarnya.

Pasien dengan identifikasi kasus 13 adalah hasil pengembangan terhadap kasus 03. Perempuan berusia 16 tahun ini menjadi pasien Covid-19 termuda di Indonesia.

Yuri melanjutkan bahwa kasus 14 adalah laki-laki usia 50 tahun. Laki-laki yang juga diduga membawa Covid-19 saat bepergian ke negara lain ini dalam kondisi sakit ringan menuju sedang.

"Saya lanjutkan lagi. Pasien dengan identitas nomor 15. Perempuan 43 tahun. Ini juga imported case," kata Yuri.

Pasien selanjutnya atau kasus 16 adalah perempuan usia 17 tahun. Dia memiliki pasien nomor 15.

Selanjutnya kasus 17, kasus 18, dan kasus 19 adalah pasien yang membawa pulang virus corona dari luar negeri. Secara berurutan profil ketiganya adalah laki-laki (56), laki-laki (55), dan laki-laki (40).

Yuri tidak menjelaskan negara tujuan dari para WNI tersebut. Dia hanya menyebut mereka bepergian dari 3 negara yang bukan menjadi episentrum penyebaran Covid-19. Berdasarkan data WHO, ada 4 negara yang menjadi episentrum, yakni China, Iran, Korea Selatan, dan Italia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia