Advertisement

Antisipasi Virus Corona, Ini Imbauan dari Ketua PMI Jusuf Kalla

David Eka Issetiabudi
Selasa, 03 Maret 2020 - 12:37 WIB
Nina Atmasari
Antisipasi Virus Corona, Ini Imbauan dari Ketua PMI Jusuf Kalla Ketua PMI, Jusuf Kalla siap memerangi virus corona. - Maria Yuliana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Menyusul ditemukannya dua warga positif terinfeksi virus Corona, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan waspada mengantisipasi virus corona.

Dalam cuitan akun twitter @palangmerah, Selasa (3/3/2020), Pak JK panggilan akrab Jusuf Kalla, menghimbau masyarakat yang mengalami gejala sakit, seperti batuk, flu demam sesak napas untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Advertisement

Wakil Presiden Indonesia ke 10 dan 12 ini pun menyebut penggunaan masker tidak wajib untuk orang yang sehat, namun menghimbau masyarakat yang sakit menggunakannya.

"Gunakan masker di tempat transportasi umum atau di tempat yang ramai. Misalnya saat berdesak-desakan di dalam bus," katanya.

Dia pun menghimbau masyarakat tetap menjaga hidup bersih, perilaku sehat dengan mencuci tangan pakai sabun dan bila perlu antiseptik setelah beraktivitas.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengonfirmasi dua orang warga Indonesia positif virus corona. Dua orang ini adalah perempuan berusia 64 tahun dan putrinya yang berusia 31 tahun.

Jokowi mengatakan dua orang ibu dan anak itu tertular virus dari orang Jepang yang berdomisili di Malaysia. Sebelumnya, warga Jepang tersebut sempat berkunjung ke Indonesia dan berinteraksi dengan dua warga Indonesia tersebut.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik,” katanya di Jakarta, Senin (2/2/2020).

Jokowi memastikan, dua pasien yang dinyatakan positif virus corona tersebut saat ini sudah dirawat di rumah sakit dengan pengamanan intensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement