Impor Pangan dari China Dihentikan

Pekerja medis mengangkut seorang pasien yang diyakini terjangkir virus corona di Hong Kong, China. - Justin Chin/Bloomberg
03 Februari 2020 22:47 WIB Dewi Aminatuz Zuhriyah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemerintah menyetop untuk sementara impor pangan, khususnya bawang putih, dari China sampai masalah virus corona benar-benar tuntas.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menuturkan penghentian itu akan dilakukan dalam waktu dekat.  Dia mengatakan hal keputusan ini juga dibahas dengan kementerian dan lembaga terkait.

“Berkaitan dengan impor memang kita esuai dengan kondisi yang tidak menentu mengenai virus kita akan stop sementara untuk pasokan-pasokan makanan dan minuman dari negara yang terjangkit virus tersebut. Nah ini untuk mengantisipasi kondisi kita dan kondisi secara keseluruhan supaya mencegah tersebarnya virus,” kata Agus di Pasar Senen, Senin(3/2/2020).

Agus mengatakan meski pihaknya memutuskan membekukan  dari China namun dia menyakini beberapa komiditi pangan khususnya bawang putih masih tercukupi lantaran dari sisa stok tahun lalu sebanyak 60.000 ton dan produksi dalam negeri yang diprediksi sebanyak 60.000 ton.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo juga menegaskan bahwa cadangan untuk bawang putih panen lokal sudah disiapkan.

“Insyaallah memenuhi apa yang menjadi kebutuhan. Karena impor yang kemarin kita pun masih punya cadangan menurut hitungan kita. Mestinya tidak perlu terjadi kelangkaan. Jangan sampai ini jadi akal-akalan pedagang untuk mau impornya lebih cepat,” kata Syahrul.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia