Advertisement

RSUP Dr. Sardjito dan RSUD Panembahan Senopati Jadi Rujukan Pasien Corona

Newswire
Rabu, 29 Januari 2020 - 04:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
RSUP Dr. Sardjito dan RSUD Panembahan Senopati Jadi Rujukan Pasien Corona

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - RSUP Dr Sardjito dan RSUD Panembahan Senopati Bantul, ditunjuk menjadi RS rujukan apabila ada warga yang terjangkit virus corona.

"Di DIY sudah ditunjuk dua rumah sakit yaitu Sardjito dan Panembahan Senopati. Itu rumah sakit rujukan [pasien virus corona]," ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana, Selasa (28/1/2020).

Advertisement

Hal itu disampaikan Biwara usai rapat koordinasi di Pusdalops BPBD DIY. Rapat itu dihadiri BPBD DIY, perwakilan KKP Yogyakarta, RSUP Dr Sardjito, RSPAU Hardjolukito, Dinkes DIY, PMI, Kantor Imigrasi, dan lainnya.

Biwara menuturkan, rapat koordinasi ini nantinya akan terus dilakukan untuk mengantisipasi wabah virus yang merebak di sejumlah negara tersebut. Rapat itu untuk memudahkan koordinasi antar stakeholder terkait.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP Dr Sardjito, dr Andaru Dahesih Dewi, memastikan bahwa pihaknya siap ditunjuk menjadi RS rujukan apabila ada pasien yang terjangkit virus corona di Yogyakarta.

"Prinsipnya kami ada di bawah koordinasi Dinas Kesehatan DIY. Rumah sakit rujukan sudah dipersiapkan dengan baik, kami siap dan insyaallah tidak ada wabah [virus corona] di DIY," tutur Andaru.

Sebagai RS rujukan, lanjut Andaru, RSUP Dr Sardjito telah menyiapkan ruang isolasi dan ambulans khusus pasien virus corona. Hanya saja ia menolak menyebutkan jumlah ruang isolasi dan ambulans khusus yang disediakan RSUP Dr Sardjito.

"Kami mempunyai ruang isolasi yang bisa kemudian bisa dieskalasi bila jumlah kasusnya meningkat," sebut Andaru.

"Saya pikir untuk kasus-kasus semacam ini tidak perlu [ambulans] banyak ya. Jadi kalau kami menyebut kami punya, paling tidak itu satu [ambulans] kami siap," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement