Advertisement

Pemerintah Masih Mendata Calon Penerima Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg

David Eka Issetiabudi
Jum'at, 17 Januari 2020 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Pemerintah Masih Mendata Calon Penerima Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Ilustrasi - JIBI/bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pemerintah masih mengidentifikasi penerima subsidi tertutup elpiji 3 kilogram (kg) guna menghindari kebocoran yang selama ini kerap terjadi dalam penyaluran gas tabung melon tersebut.

Arifin mengatakan ke depan, implementasi subsidi elpiji 3 kg akan lebih ketat dengan adanya pendataan. "Akan terintegrasi dan [penerima subsidi] akan terdaftar. Jadi, bisa teridentifikasi dan mencegah adanya kebocoran," katanya seusai menjadi pembicara dalam Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020, Jumat (17/1/2020).

Arifin memastikan penerima subsidi akan mendapatkan uang tunai. Terkait besarannya, dia mengaku pemerintah masih membahasnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Arifin pun akan mempertimbangkan banyak masukan dan data terkait rencana subsidi tertutup elpiji 3 kg ini. "Banyak campuran, macam-macam data ada," tambahnya.

Adapun pemerintah mengisyaratkan akan memangkas seluruh subsidi energi. Nantinya, subsidi tersebut akan dialihkan kepada bantuan langsung untuk masyarakat yang membutuhkan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada dasarnya semua subsidi secara bertahap akan dikurangi. "Tapi tidak akan ada rencana pemerintah yang merugikan masyarakat," tuturnya.

Luhut tidak menjelaskan subsidi energi apa saja yang akan dikurangi. Hanya saja, terkait pengalihan subsidi elpiji 3 kilogram, dia menyebut kajian terus dilakukan. "Ini lagi dikaji," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

WHO Isyaratkan Pandemi Berakhir, Ini Update Capaian Vaksinasi DIY

Jogja
| Rabu, 28 September 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement