Advertisement

Pemerintah Masih Mendata Calon Penerima Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg

David Eka Issetiabudi
Jum'at, 17 Januari 2020 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Pemerintah Masih Mendata Calon Penerima Subsidi Tertutup Elpiji 3 Kg Ilustrasi - JIBI/bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pemerintah masih mengidentifikasi penerima subsidi tertutup elpiji 3 kilogram (kg) guna menghindari kebocoran yang selama ini kerap terjadi dalam penyaluran gas tabung melon tersebut.

Arifin mengatakan ke depan, implementasi subsidi elpiji 3 kg akan lebih ketat dengan adanya pendataan. "Akan terintegrasi dan [penerima subsidi] akan terdaftar. Jadi, bisa teridentifikasi dan mencegah adanya kebocoran," katanya seusai menjadi pembicara dalam Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020, Jumat (17/1/2020).

Advertisement

Arifin memastikan penerima subsidi akan mendapatkan uang tunai. Terkait besarannya, dia mengaku pemerintah masih membahasnya.

Arifin pun akan mempertimbangkan banyak masukan dan data terkait rencana subsidi tertutup elpiji 3 kg ini. "Banyak campuran, macam-macam data ada," tambahnya.

Adapun pemerintah mengisyaratkan akan memangkas seluruh subsidi energi. Nantinya, subsidi tersebut akan dialihkan kepada bantuan langsung untuk masyarakat yang membutuhkan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pada dasarnya semua subsidi secara bertahap akan dikurangi. "Tapi tidak akan ada rencana pemerintah yang merugikan masyarakat," tuturnya.

Luhut tidak menjelaskan subsidi energi apa saja yang akan dikurangi. Hanya saja, terkait pengalihan subsidi elpiji 3 kilogram, dia menyebut kajian terus dilakukan. "Ini lagi dikaji," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Cabai Melimpah, Harga Cabai di Sleman Anjlok Ancam Petani

Sleman
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement