5.000 Pengemudi Ojol Bakal Geruduk Jakarta Besok

ilustrasi. - JIBI/Feni Freycinetia Fitriani
14 Januari 2020 16:07 WIB Rinaldi Mohammad Azka News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Para pengemudi ojek online (ojol) akan menyelenggarakan aksi demonstrasi di sejumlah titik di Jakarta, Rabu (15/1/2020). Mereka akan mengusung tiga tuntutan yakni legalitas profesi ojol, evaluasi tarif ojol se-Indonesia, dan membatasi penerimaan ojol di kota atau daerah yang sudah terlalu padat ojol.

Presidium Gabungan Transportasi Roda Dua (Garda) Indonesia Igun Wicaksono mengatakan pihaknya akan menggelar aksi yang dinamai Ojol Nusantara Bergerak, selama dua hari yakni Rabu (15/1/2020) dan Kamis (16/1/2020).

Aksi pada Rabu, 15 Januari 2020 akan dilaksanakan di depan Istana Merdeka, Jakarta mulai pukul 13.00 WIB sedangkan pada keesokan harinya akan dilaksanakan di depan Gedung DPR RI.

"Estimasi massa 5.000 ojol dari berbagai daerah seluruh Indonesia, perwakilan-perwakilan maupun secara kolektif rombongan. Tuntutan, agar pemerintah mendorong adanya payung hukum bagi para pengemudi ojek online dan evaluasi tarif ojol agar mekanisme tarif ojol diberikan per daerah atau provinsi," katanya kepada Bisnis, Selasa (14/1/2020).

Dia mengklaim demonstrasi tersebut bakal menjadi aksi terbesar di Indonesia. Perwakilan yang akan hadir berasal dari Sumatera antara lain Medan, Padang, Jambi, Pekanbaru, Palembang, Lahat, Lubuk Linggau, Bengkulu, Metro, dan Bandar Lampung.

Ada pula yang diharapkan datang dari Selatan Jawa seperti Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Banjarnegara, Ciamis, Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Purworejo, Jogja, Surakarta, dan sebagian kota di Jawa Timur.

Perwakilan Pantai Utara juga ditargetkan turut hadir antara lain dari wilayah Cilegon, Rangkasbitung, Serang, Karawang, Cikampek, Subang, Purwakarta, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Brebes, Tegal, Pekalongan, Batang, Semarang, Pati dan berbagai kota dari sebagian Jawa Timur.

Selain itu, dari Bali yang berasal dari kota Denpasar dan Badung; Kalimantan dari kota Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, dan Samarinda; Sulawesi dari Makassar, dan Manado, dan terakhir dari wilayah Jabodetabek yang menjadi tuan rumah aksi demonstrasi.

Sumber : Bisnis.com