16 Kampus di DIY Kembangkan Kampus Sehat

Ilustrasi Ruang Terbuka Hijau. - JIBI
22 Desember 2019 05:57 WIB Rahmat Jiwandono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak 16 perguruan pinggi (PT) di DIY berkomitmen untuk mengembangkan Health Promoting University (HPU) atau kampus sehat.

Adapun 16 PT tersebut antara lain UGM, Poltekkes Kemenkes, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), STIE YKPN, Universitas AMIKOM, Institut Teknologi dan Sains AKPRIND, dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

"Keenam belas PT tersebut berkomitmen untuk menyelenggarakan kampus sehat guna mendukung dan mendorong setiap sivitas akademika dan masyarakat di lingkungan kampus untuk mewujudkan lingkungan dan perilaku hidup sehat menuju kampus yang sehat dan sejahtera melalui pendekatan Health Promoting University," ucap tim HPU UGM, Dr. Supriyati, Sabtu (21/12/2019).

Supriyati mengatakan perguruan-perguruan tinggi tersebut berkomitmen untuk menyelenggarakan kampus sehat melalui empat langkah. Pertama, pendekatan kesehatan secara komprehensif pada tatanan kampus untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan yang optimal dan berkelanjutan.

Kedua, meningkatkan literasi kesehatan dan menerapkan program kampus sehat. Ketiga, kegiatan kampus sehat mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatan sivitas akademika disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan, kemudahan, dan prioritas perguruan tinggi.

"Terakhir, kegiatan kampus sehat dapat dilaksanakan dengan strategi advokasi, kemitraan dan pemberdayaan masyarakat," kata dia.

UGM sendiri telah mendeklarasikan sebagai kampus sehat pada Juli 2019 lalu. Selain itu, bersama Poltekkes Kemenkes telah menandatangani komitmen bersama dan pembentukan konsorsium HPU Nasional pada 12 Desember 2019.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UGM, Profesor Bambang Agus Kironoto menuturkan, perguruan tinggi dapat menjadi agen perubahan untuk mencetak kader bangsa yang sehat melalui program kampus sehat.