Advertisement

Ide Brilian Karyawan PLN Ini Sukses Terangi Rumah Tangga Indonesia

Ni Putu Eka Wiratmini
Minggu, 15 Desember 2019 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ide Brilian Karyawan PLN Ini Sukses Terangi Rumah Tangga Indonesia Teknisi melakukan perawatan rutin perbaikan jaringan listrik di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (12/2). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui program One Man One Hope (OMOH) telah mengumpulkan dana sebesar Rp5,56 miliar dan digunakan untuk membiayai pasang baru listrik daya 450 VA sebanyak 7.571 rumah tangga di Indonesia.

Adapun sebaran penerima bantuan program OMOH yakni 2.836 rumah tangga di Sumatera, 2.829 rumah tangga di Jawa, 1.374 rumah tangga di Bali dan Nusa Tenggara, 188 rumah tangga di Kalimantan, 205 rumah tangga di Sulawesi, dan 139 rumah tangga di Maluku dan Papua.

Advertisement

Proses penyambungan listrik masih terus bergulir. Sebanyak 2.380 rumah tangga tersebar di seluruh Indonesia saat ini telah menikmati listrik hasil dari program OMOH. Sementara 5.191 rumah tangga masih dalam proses penyambungan.

Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan 0rogram OMOH ini menjadi salah satu solusi PLN untuk memberikan harapan kepada warga untuk menikmati listrik sekaligus meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia. Hingga saat ini, rasio elektrifikasi di Indonesia telah mencapai 98,8%.

“Penerimaan donasi bantuan pasang baru listrik melalui program OMOH masih terus dilakukan hingga 31 Oktober 2020 melalui aplikasi LinkAJA,” katanya, seperti dikutip dalam rilis, Minggu (15/12/2019).

Gerakan sukarela OMOH ini merupakan ide seorang pegawai PLN bernama Andre Agusta Rahman. Berawal dari kemiskinan keluarga sehingga tidak mampu menikmati listrik, dirinya bertekad untuk mendapatkan uang untuk melistriki keluarganya.

Saat gempa Pidi-Aceh tahun 2016, 2 tahun sejak bergabung dengan PLN, Andre melihat sendiri banyak keluarga tidak mampu yang belum berlistrik. Sejak itulah Andre bertekad dan mulai memberikan bantuan penyambungan listrik dari kantongnya sendiri minimal 1 Rumah Tangga (RT) per tahun.

“Kini gerakan tersebut terus bertumbuh dan semakin banyak menyumbangkan bantuan sambungan listrik gratis bagi warga tidak mampu, harapan kami melalui gerakan OMOH warga bisa merasakan kehidupan yang lebih baik dengan hadirnya listrik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement