Advertisement

Wapres Ma'ruf: Kampus Berperan Penting Tingkatkan SDM

Rinaldi Mohammad Azka
Minggu, 15 Desember 2019 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wapres Ma'ruf: Kampus Berperan Penting Tingkatkan SDM Wakil Presiden Ma'ruf Amin (tengah) bersama Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAWakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak akademisi termasuk mahasiswa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Caranya dengan menjadi katalisator terhadap berbagai dinamika dalam masyarakat.

"Peran katalisator ini sangat penting karena persoalan mendasar yang saat ini kita hadapi adalah kualitas Sumber Daya Manusia. Pemerintah telah menempatkan Pembangunan SDM Unggul sebagai prioritas pertama," ujarnya, dalam keterangan berkunjung ke Banten, Sabtu (14/12/2019). 

Advertisement

Dia menuturkan bahwa SDM unggul adalah SDM yang sehat, cerdas, memiliki produktivitas tinggi, produktif dalam menghasilkan sesuatu yang manfaat dan maslahat, memiliki semangat untuk berkompetisi, cinta tanah air, dan berakhlak mulia, dan ber-akhlakul karimah.

"Kampus sebagai lembaga pendidikan, tentu saja berperan penting dalam peningkatan kualitas SDM," terangnya.

Menurutnya, kampus harus menjadi Pembina SDM di daerahnya berdiri. Hal ini dapat dilakukan melalui penekanan pendidikan yang lebih terarah, sesuai dengan kebutuhan dalam masyarakat, memperbanyak pendidikan keterampilan dan life skill lainnya agar lulusannya dapat mandiri dan bahkan dapat membantu menciptakan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Dia menjelaskan bahwa dari 126,57 juta penduduk usia 15 tahun yang bekerja, berdasarkan data angkatan kerja Agustus 2019 hanya sekitar 12,27 juta atau hanya 9,7 persen  yang merupakan lulusan universitas.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyatakan  dukungannya untuk memberikan bantuan bea siswa bagi mahasiwa UIN Banten dan mendukung kemajuan pembangunan UIN Banten.

Setelah menyampaikan orasi ilmiahnya, Wapres didampingi Gubernur Banten Wahidin Halim dan Rektor UIN Banten Fauzul Iman menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang sebelumnya IAIN menjadi UIN.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement