Advertisement

PDIP dan Nasdem Kena Untung jika Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar

Jaffry Prabu Prakoso
Sabtu, 30 November 2019 - 19:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PDIP dan Nasdem Kena Untung jika Airlangga Hartarto Jadi Ketum Golkar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. JIBI/Bisnis - Jaffry Prabu Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pengamat melihat keterpilihan Airlangga Hartarto kembali menjadi ketua umum Golkar periode 2019-2024 dianggap dapat menguntungkan partai politik lain, seperti PDI Perjuangan dan NasDem. Golkar diprediksi mengalami kemunduran pada pemilihan umum selanjutnya.

Pengamat politik dari Universitas Telkom Bandung Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa pada Pemilu 2014 Golkar mendapat 91 kursi. Namun di Pemilu 2019 partai berlambang beringin itu mengantongi 85 kursi.

Advertisement

“Membaca hasil Pemilu 2019 sebenarnya Airlangga membawa perolehan Golkar turun. Kondisi ini sangat mungkin disebabkan karena posisi Airlangga sebagai menteri sehingga konsolidasi Parpol berkurang,” katanya melalui pesan instan, Sabtu (30/11/2019).

Dedi menjelaskan bahwa Airlangga tidak mampu mengonsolidasikan kekuatan partai. Sifatnya yang elitis sehingga tak bisa menyatu dengan akar rumput. 

Dia juga menduduki jabatan strategis pemerintahan sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Dua hal itu akan membawa Golkar ke arah yang gelap. 

“Secara tidak langsung Golkar punya potensi tertinggal kembali di 2024. Dan Parpol lain yang mengincar posisi puncak seperti PDIP dan NasDem lebih leluasa untuk menyingkirkan Golkar,” jelasnya.

Oleh karena itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) ini menyarankan Airlangga untuk memimpin kementerian dan meninggalkan partai politik. Dengan begitu, urusan perekonomian negara berjalan lancar sehingga menjaga kepercayaan Presiden Joko Widodo dan sekaligus meningkatan elektabilitas Golkar.

“Jika orientasinya untuk mengembalikan kejayaan Golkar, baiknya Airlangga tetap di kementerian, biarkan Golkar memilih ketum baru,” ucap Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement