Advertisement

Puluhan Pendaftar CPNS di DIY Ditemukan Fiktif, Apa Motifnya?

Sunartono
Rabu, 27 November 2019 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Puluhan Pendaftar CPNS di DIY Ditemukan Fiktif, Apa Motifnya? Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menemukan puluhan pendaftar fiktif dalam pendaftaran online seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemda DIY. Selain itu ada ribuan pendaftar yang tidak melakukan submit.

Kepala BKD DIY Agus Supriyanto menjelaskan jumlah pendaftar yang sudah mengisi formuliR hingga penutupan pada Selasa (26/11/2019) pukul 24.00 WIB tercatat 9.988 pendaftar. Akan tetapi sebanyak 1.100 yang tidak melakukan submit. Pihaknya tak mengetahui alasan pendaftar yang tidak melakukan submit tersebut.

Advertisement

“Saat ini verifikasi masih berjalan, total sudah ada 6.083 yang sudah diverifikasi dan memenuhi syarat [untuk mengikuti tes] dan sebanyak 2.702 yang sudah diverifikasi tidak memenuhi syarat. Untuk yang 1.110 itu dia mendaftar ke Pemda DIY tetapi tidak mengakhiri pendaftaran,” ungkapnya Rabu (27/11/2019).

Kabid Pengadaan Pegawai BKD DIY Poniran menambahkan pendaftar yang tidak melakukan submit tersebut sudah mencari akun untuk mendaftar, tetapi tidak sampai ke submit. Selain jenis itu pihaknya menemukan pendaftar fiktif dengan jumlah antara 30 hingga 50 pendaftar. Ia menegaskan jumlah pendaftar fiktif ini tidak terdeteksi datanya.

“Data yang dilampirkan ada yang isinya cuma coret-coretan, Jadi dia asal submit tetapi ketika dibuka dokumennya tidak ada, lembaran akun pendaftaran tidak ada, dokumennya asal upload. Motifnya mungkin untuk mengecoh agar formasi itu terkesan banyak pendaftarnya,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Sleman Didugat oleh Vendor Snack KPPS yang Sempat Viral

Sleman
| Rabu, 24 April 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement