Pendaftaran CPNS 2019: Antisipasi Perlambatan Akses Portal, BKN Tambah Bandwidth hingga Storage

Seorang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) memperlihatkan berkas pendaftaran lamarannya untuk dikirim di Kantor Pos Besar Medan, Sumatera Utara, Senin (15/10). - Antara
11 November 2019 12:57 WIB Rayful Mudassir News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dilakukan serentak untuk semua instansi dan pemerintahan daerah di Indonesia. Badan Kepegawaian Negara mengantisipasi sejumlah kendala teknis pada sistem portal BKN. Langkah ini dilakukan untuk menghindari adanya hambatan saat diakses peserta calon pegawai negeri sipil.

Deputi Bidang Sistem Informasi dan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara Suharmen mengatakan sejak kemarin pihaknya terus memonitor laman BKN agar tetap diakses lancar oleh masyarakat.

"Telkom sudah standby di data center untuk antisipasi segala kemungkinan. Traffic pagi ini kelihatan antusiase masyarakat luar biasa besar," katanya saat konferensi pers di kantor BKN, Senin (11/11/2019).

Pihaknya turut memantau jumlah orang yang mengakses portal BKN maupun sscasn.bkn.go.id. Pagi tadi bandwitch yang terpakai mencapai 2 GB.

"Sekitar jam 10.00 WIB kami komunikasi dengan Telkom untuk menaikan bandwidth dinaikan ke 5 GB. Sehingga kemungkinan stak [gagal akses] di sistem bisa diantisipasi," terangnya.

Di samping itu, pihaknya juga mengantisipasi perlambatan akses dengan membagi sejumlah bagian portal di lima server sekaligus. Diantaranya untuk Layanan Informasi, FAQ, Helpdesk hingga Login.

"Jadi karena kita sudah pakai cloud jadi tidak terlalu soal mau dinaikan atau menurunkan hanya saja tim monitoring harus setiap menit memantau."

"Begitu juga dengan storage karena orang akan upload data, sehingga kebutuhkan storage juga akan kami up menjadi 5 TB. Akan kami up lagi kalau sudah 50% - 60% dari total 5 TB," tuturnya.

Sumber : Bisnis.com