Advertisement

Siap-Siap, Pendaftaran CPNS Segera Dibuka

Newswire
Jum'at, 18 Oktober 2019 - 03:57 WIB
Sunartono
Siap-Siap, Pendaftaran CPNS Segera Dibuka Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN. Hal ini sebagai tools utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan mengatakan, pihaknya siap mengawal rekrutmen CPNS tahun 2019 yang akan membuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian Instansi Pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan Instansi Daerah 159.257 formasi (467 Pemda).

Advertisement

"Ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus [cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat]," kata Ridwan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Untuk pengumuman pendaftaran CPNS tahun 2019 dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

Penyerahan formasi telah berlangsung pada hari ini di Jakarta. Pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sebelumnya akan membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran dan seleksi akan kembali menggunakan teknologi atau berbasis digital.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, alasan mengapa menggunakan IT, karena lebih efisien. “Dari sisi biaya, pemerintah tidak perlu mengeluarkan uang banyak, sebab seluruh sistemnya berbasis digital. Jadi, tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk kebutuhan administrasi. Anak-anak kita sudah bisa mendaftarkan ini semua dengan media ini semua [digital]," ujarnya.

Dari sisi peserta juga dinilai lebih menguntungkan. Di mana peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta untuk mendaftar karena cukup membuka PC atau Laptopnya sudah bisa mendaftar.

Untuk tesnya juga para peserta tidak perlu datang jauh-jauh ke Jakarta. Sebab, cukup datang menuju daerah terdekat sudah bisa mengikuti tes lewat Computer Assisted Test (CAT).

https://www.youtube.com/watch?v=5ws6uBtBaMU&t=505s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : inews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement