Advertisement

Komik Raden Saleh Diluncurkan di Jerman

Newswire
Selasa, 08 Oktober 2019 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Komik Raden Saleh Diluncurkan di Jerman Potret diri Raden Saleh - Koleksi Rijksmuseum Amsterdam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Buku komik tentang pelukis ternama Tanah Air, Raden Saleh, yakni Leben und Abenteuer des Raden Saleh yang diproduksi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jerman akan diluncurkan di Frankfurt Book Fair, Jerman, 16-20 Oktober mendatang.

"Buku tersebut ditulis oleh sejarawan seni asal Jerman, Wener Kraus bersama tiga ilustrator komik untuk menandai kontribusi penting Raden Saleh," ujar Ketua Komite Buku Indonesia, Laura Bangun Prinsloo, di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Advertisement

Raden Saleh (1807-1880) merupakan maestro seni lukis Indonesia yang pernah tinggal di Jerman dan mengukir hubungan bersejarah antara Jerman dan Indonesia.

Selain buku, perayaan tersebut juga ditandai dengan ditampilkannya serangkaian perangko Jerman yang menampilkan lukisan-lukisan Raden Saleh, yang diproduksi oleh Deutsche Post bekerja sama dengan Kedutaan Indonesia.

"Kami juga menampilkan sejumlah kartu pos bergambar karya Raden Saleh sebagai suvenir bagi para pengunjung," katanya

Pada tahun ini, sebanyak 10 penerbit dari Indonesia akan hadir dalam ajang pameran buku tahunan tersebut. Penerbit tersebut membawa sekitar 350 judul buku.

Ia menambahkan semua genre buku akan dibawa dalam pameran itu. Tidak ada batasan genre tertentu. Selain itu, juga dibawa materi nonbuku seperti kuliner, musik dan ilustrasi. "Konten tersebut hasil adaptasi dari buku ke bidang kuliner, musik dan ilustrasi," kata dia

Laura optimistis paling tidak terjual hak cipta 50 judul buku dalam pameran tersebut. Sebelumnya di acara London Book Fair 2019 pada Maret lalu terjual hak cipta sekitar 115 judul buku dengan estimasi nilai sekitar Rp40 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement