Advertisement

Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Gayo Lues Aceh

Abdul Hadi Firsawan
Minggu, 06 Oktober 2019 - 19:47 WIB
Budi Cahyana
Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Gayo Lues Aceh Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Advertisement

Haria jogja.com, BANDA ACEH – Gempa berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, pada Minggu (6/10/2019) pada pukul 17.41 WIB.

Laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar menyebutkan, gempa berlokasi di darat pada jarak 13 km barat laut Kabupaten Gayo Lues dengan kedalaman 10 km.

Advertisement

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Tripa.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Djati Cipto Kuncoro dalam keterangan yang diterima Bisnis, Minggu (6/10/2019).

Menurutnya, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat di wilayah Gayo Lues, berupa guncangan yang dirasakan dengan skala III MMI.

Djati Cipto Kuncoro berharap masyarakat hanya mengambil informasi dari lembaga resmi seperti BMKG. Informasi yang disebarkan BMKG sendiri bisa dipantau melalui media sosial BMKG di aplikasi Twitter dan Instagram. Selain itu, informasi resmi BMKG juga ditampilkan di website dan aplikasi smartphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement