Advertisement

Rasakan Manfaat, Gema Perhutanan Sosial Tetap Loyal Dukung Jokowi

Sunartono
Minggu, 29 September 2019 - 10:47 WIB
Sunartono
Rasakan Manfaat, Gema Perhutanan Sosial Tetap Loyal Dukung Jokowi Sejumlah anggota Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia. - Ist/Gema.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 100 orang perwakilan petani dan pendamping perhutanan sosial dari 22 Kabupaten dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur menggelar konsolidasi gerakan masyarakat perhutanan sosial di Pemalang,Jawa Tengah. Pertemuan itu dilakukan dalam rangka mencermati perkembangan politik jelang pelantikan Presiden Joko Widodo periode kedua.

Para petani dan pendamping Gerakan Masyarakat (Gema) Perhutanan Sosial Indonesia menyatakan dukungan penuh kepada Presiden Joko Widodo. "Kami telah memenangkan Jokowi dengan rata-rata suara di atas 85 persen, bahkan ada TPS di basis kami Jokowi menang 100 persen,karena mendukung program perhutanan sosial skema ijin pemanfaatan hutan perhutanan sosial,” terang Ketua Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia dalam rilis kepada Harianjogja.com, Minggu (29/9/2019).

Advertisement

Terkait aksi protes yang dipicu oleh pembahasan sejumlah RUU kontroversial, ia mengapresiasi sikap Presiden untuk menghentikan pembahasan utamanya RUU Pertanahan. “Kami belum pada posisi darurat menyusun suatu RUU Pertanahan yang justru berorientasi menyimpangi UU No 5 Tahun 1960. Perpres Reforma Agraria yang ditandatangan oleh Presiden Jokowi pada September 2018 sementara sudah  merupakan kemajuan baik, jangan sampai RUU Pertanahan menganulir warisan baik Jokowi,” katanya.

Ia menambahkan Jokowi saat ini masih tersandera partai-partai, dan kelompok-kelompok yang akan mengambil manfaat baik dari kalangan pendukung mau pun oposisi. “Tapi percayalah pak Jokowi, sampeyan ora sendirian [kamu tidak sendirian]," ujarnya.

Siti menambahkan sejumlah kemajuan pada pemerintahan Presiden Jokowi termasuk adanya kebijakan Perhutanan Sosial harus terus dilanjutkan. Gejolak politik melalui aksi sejumlah kalangan termasuk mahasiswa dan masyarakat sipil lain, tidak bisa menggoyahkan pendirian petani hutan untuk tetap bersama berada mendukung Joko Widodo.

Oleh karena, lanjutnya, Gema Perhutanan Sosial Indonesia akan turun berdemontrasi untuk memberikan dukungan penuh kepada Presiden Joko Widodo pada Hari Selasa, 8 Oktober 2019 bersama petani hutan se-Jawa sebanyak 10.000 orang di depan istana merdeka Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement