Advertisement

SBY, Megawati dan JK Datang Beriringan di Pemakaman B.J. Habibie

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 12 September 2019 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
SBY, Megawati dan JK Datang Beriringan di Pemakaman B.J. Habibie Megawati bersama Mufida Jusuf Kalla dan Irian Joko Widodo di lokasi pemakaman B.J. Habibie - Bisnis/Feni Freycinetia Fitriani

Advertisement

Haranjogja.com, JAKARTA--Pemakaman Presiden Ketiga Republik Indonesia B.J. Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para mantan Presiden RI, Mantan Wakil Presiden RI, dan Ibu Negara RI. Mereka datang beriringan untuk menghadiri pemakaman.

Rombongan petinggi negara tersebut mulai berdatangan memasuki area VIP di dekat pusara almarhum B.J. Habibie pada Kamis (12/9/2019) pukul 13.40 WIB.

Advertisement

Awalnya, terlihat Istri Presiden Keempat RI Abdurrachman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah Wahid yang menaiki kursi roda menuju tenda VIP. Setelah itu, tampak Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri dan putrinya Puan Maharani. Megawati terlihat mengenakan kebaya warna hitam.

Di samping Mega, berdiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Mufida Jusuf Kalla. Mereka terlihat akrab sambil beberapa kali saling lempar senyum.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres JK saat menghadiri pemakaman B.J. Habibie/Bisnis-Feni Freycinetia Fitriani

Di belakang, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono berjalan beriringan dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. SBY dan JK sama-sama memakai jas hitam, kemeja putih, dan peci hitam. Keduanya pernah berpasangan sebagai Presiden dan Wapres periode 2004-2009.

Hadir pula beberapa mantan Wakil Presiden RI, antara lain Tri Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara pemakaman Presiden Ketiga RI B.J. Habibie.

Prosesi pemakaman kenegaraan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) pukul 14.00 WIB.'

Sejumlah kepala daerah dan menteri Kabinet Kerja juga ikut menghadiri upacara kenegaraan pemakaman tersebut. Kepala daerah yang telah sampai di TMP Kalibata antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sementara itu, menteri Kabinet Kerja terlihat menempati tempat duduk di arena tenda tamu undangan, misalnya Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Agus Gumiwang K, dan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Menperin Airlangga Hartanto mengatakan dirinya sangat kehilangan sosok Habibie sebagai tokoh teknologi dan industri dirgantara.

"Beliau juga Bapak Demokrasi Indonesia. Pak Habibie juga duduk sebagai Dewan Kehormatan Golkar, hubungan emosional kami dengan beliau sangat dekat," ujar Airlangga di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Setelah itu, terlihat pula putra Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono.

Prosesi pemakaman dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9/2019) pukul 14.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement