Pemicu Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang Diduga Truk yang Terguling

Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92. - Ist/Instagram info_kopo
02 September 2019 15:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PURWAKARTA-- Kecelakaan tabrakan beruntun terjadi di Tol Cipularang KM 92 pada Senin (2/9/2019) siang. Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol Rudy Sufahriadi menduga truk yang terguling jadi penyebabnya.

Kepada awak media, Irjen. Pol Rudy Sufahriadi mengatakan "Kita lihat ada sebuah truk (dump truck) yang paling depan terguling. Patut diduga kemungkinan, truk ini terguling karena apa, sehingga menyebabkan kendaraan belakangnya mengerem mendadak."

Lebih lanjut, ruas Tol Cipularang KM 90 - 100 memang punya kontur jalan yang menikung dan menurun (dari arah Bandung) atau menanjak (dari arah Jakarta).

Kontur jalan seperti itu disebutkan rawan terjadinya kecelakaan, apalagi jika mobil dan si pengemudi dalam kondisi yang tidak optimal.

Kecelakaan tabrakan beruntun di Tol Cipularang melibatkan hingga 21 mobil yang menyebabkan enam orang meninggal dunia dan delapan orang mengalami luka-luka.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama menyebut banyak faktor yang menyebabkan terjadinya tabrakan beruntun, mulai dari faktor jalanan, kondisi kendaraan hingga kelalaian pengemudi.

Sumber : Suara.com