Advertisement

Kemensos Wacanakan Program Sekolah Bahagia Agar Anak-Anak Tidak Stress

Newswire
Selasa, 27 Agustus 2019 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
 Kemensos Wacanakan Program Sekolah Bahagia Agar Anak-Anak Tidak Stress Ilustrasi siswa sekolah - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Inovasi baru dimunculkan oleh Kementerian Sosial dengan mewacanakan program Sekolah Bahagia agar anak-anak lebih bahagia dan mereka bisa sukses di masa yang akan datang.

"Kami kembangkan program sekolah bahagia, dari pada anak stress, banyak tugas, banyak PR lebih baik diberi kebahagiaan," kata Direktur Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Advertisement

Pernyataan Edi tersebut disambut riuh oleh ratusan pelajar SMP dan SMA yang ikut dalam kegiatan Sehari Bersama Anak yang merupakan rangkaian Hari Anak.

Ia meyakini untuk menjadi sukses di masa depan, anak harus bahagia. Untuk bahagia maka perlu diciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan bagi anak.

Juga mengurangi hukuman-hukaman terhadap anak, mendorong sekolah-sekolah memberikan penghargaan ketimbang hukuman dan yang terpenting menghilangkan sama sekali kekerasan terhadap anak.

Edi mengatakan, dari sejumlah negara yang pernah ia kunjungi seperti Finlandia dan Selandia Baru, ia hampir tidak menemukan anak-anak dengan tugas sekolah yang memberatkan, dan mereka tidak terlalu banyak diberikan les tapi lebih banyak bermain.

"Kalau di kita masih kecil sudah ikut bimbingan belajar, menurut saya tidak diperlukan, cukup di sekolah menyenangkan," tambah dia.

Program Sekolah Bahagia yang diwacanakan antara lain dengan memberikan pelatihan kepada para guru bagaimana menciptakan sekolah bahagia. Begitu juga dengan penyampaian kurikulum yang menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

10 Kandidat Kepala Daerah Kulonprogo Melamar ke Golkar, Ada Mantan Bupati hingga Ketua Partai

Kulonprogo
| Rabu, 24 April 2024, 16:52 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement