Advertisement

Gempa Tektonik Guncang Bogor

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 06:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gempa Tektonik Guncang Bogor Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAWilayah Kabupaten Bogor-Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi Tektonik.Hari Jumat (23/8/2019) pada pukul 23:00:02 WIB. 

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3.2 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 6.77 LS - 106.49 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 28 km BaratDaya Kabupaten Bogor-Jabar dengan kedalaman 5 Kilometer.

Advertisement

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal Cluster Bogor.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Malasari, Kecamatan Nanggung dengan Skala Intensitas III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. .

Hingga laporan ini dibuat pukul 23:30 WIB, hasil monitoring BMKG terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2019 sudah ada 80 event gempa yang terjadi di wilayah tersebut. Hasil analisa BMKG sementara disimpulkan bahwa gempa-gempa yang terjadi pada cluster Bogor ini merupakan gempabumi swarm. Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement