Peringatan HUT RI ke-74 di Budapest Diwarnai Pakaian Daerah

Sejumlah mahasiswa berbusana tradisional berswafoto seusai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di depan Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (1/6/2018). - ANTARA/Puspa Perwitasari
18 Agustus 2019 14:57 WIB Yudi Supriyanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Warga negara dan diaspora Indonesia meramaikan KBRI Budapest dengan menggunakan pakaian daerah dari seluruh Indonesia untuk memperingati hari ulang tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

A.H. Dimas Wahab, Dubes RI untuk Budapest, mengungkapkan pihaknya mengimbau seluruh warga negara Indonesia dan pencinta Indonesia menggunakan pakaian daerah atau nasional Indonesia dalam memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia.

“Dengan menggunakan pakaian daerah diharapkan akan dapat memupuk semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia yang berada di Hongaria. Semua WNI yang berada di Hongaria merupakan Duta Bangsa. Dengan demikian harus dapat menjaga martabat dan citra diri sebagai Bangsa Indonesia," kata Dimas, dalam siaran pers, Sabtu (17/8/2019).

Dia menuturkan, para petugas dalam melaksanakan kewajibannya menggunakan pakaian daerah yang melambangkan Bhinneka Tunggal Ika. 

Kemudian, tim Sanggar Kinanthi dan SMA PU Al Bayaan Sukabumi juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Upacara Penaikan Bendera.

Sebanyak 35 delegasi yang akan tampil di Kecskemet, Hongaria pada 18 – 21 Agustus 2019 juga hadir sebagai tim paduan suara.

Usai Upacara bendera, lanjutnya acara dilanjutkan dengan pesta rakyat yang menampilkan berbagai penampilan budaya di antaranya penampilan gamelan Jawa dari tim Surya Kencana binaan KBRI Budapest yang beranggotakan diaspora Indonesia berkebangsaan Hongaria.

Kemudian, lanjutnya juga terdapat penampilan berbagai tarian daerah seperti tari kecak dan saman yang dibawakan oleh sanggar Kinanthi Budaya, dan berbagai penampilan daerah dari masyarakat Indonesia serta tidak lupa acara ini dilengkapi dengan suguhan asli Indonesia

Sumber : bisnis.com