Advertisement

Berasal dari Boyolali, Seperti Ini Sosok Salma, Si Pembawa Baki Bendera Pusaka 2019

Chelin Indra Sushmita
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 14:27 WIB
Nina Atmasari
Berasal dari Boyolali, Seperti Ini Sosok Salma, Si Pembawa Baki Bendera Pusaka 2019 Presiden Joko Widodo memberikan bendera kepada pembawa baki Paskibraka Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8 - 2019). (Antara/Akbar Nugroho)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Pembawa baki bendera pusaka pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8/2019) adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi. Siswi SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah, itu ternyata bercita-cita menjadi anggota Paskibraka sejak kecil.

Salma El Mutafaqqiha lahir di Malang, Jawa Timur, 16 Desember 2002. Dia merupakan anak pasangan Achmad Aswin Achzaab dan Nurisa. Salma yang merupakan siswa kelas XI SMA Pradita Dirgantara merupakan salah satu anggota Paskibraka 2019 dari Jawa Tengah.

Advertisement

Menjadi anggota paskibra ternyata merupakan cita-cita Salma El Mutafaqqiha sejak kecil. Dia telah bergabung menjadi anggota paskibra sejak menempuh pendidikan di SMPN 3 Malang, Jawa Timur. Kegiatan baris-berbaris itu terus diikutinya hingga masuk ke SMA Pradita Dirgantara.

Gadis dengan tinggi badan 170 cm itu mengaku selalu menonton upacara HUT Kemerdekaan RI di televisi sejak kecil. Hal itulah yang membuat Salma El Mutafaqqiha bercita-cita menjadi anggota Paskibraka Nasional. Siapa sangka, dia berhasil mewujudkan impiannya pada 2019.

“Sejak kecil saya suka lihat upacara bendera 17 Agustus di televisi. Sejak saat itu, saya ingin menjadi seperti mereka [anggota paskibraka]. Dan sekarang sudah kesampaian. Ini adalah salah satu cita-cita saya yang terwujud,” kata Salma El Mutafaqqiha, di sela-sela acara pelepasan anggota Paskibra di Kantor Bupati Boyolali, Jawa Tengah, 22 Juli 2019 lalu.

 Salma El Mutafaqqiha (Akhmad Ludiyanto-Solopos)

Salma El Mutafaqqiha mewakili Jawa Tengah menjadi anggota Paskibraka Nasional 2019 setelah mengalahkan pesaingnya dari 35 kabupaten/kota. Butuh semangat, tekad kuat, serta kerja keras untuk bersaing memperebutkan posisi tersebut.

Salma El Mutafaqqiha melaksanakan tugasnya dengan baik bersama anggota pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) 2019 di Istana Merdeka, Jakarta. Dia menerima Sang Saka Merah Putih langsung dari tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Salma El Mutafaqqiha merupakan bagian dari Tim Merah yang bertugas mengibarkan bendera bersama Rayhan Alfaro Ferdinan Siregar (DKI Jakarta), Rangga Wirabrata Mahardika (Jawa Barat), Rafi Ahmad Falah (Banten), dan Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement