Advertisement

Tiga Calon Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal di Dalam Pesawat

Newswire
Senin, 22 Juli 2019 - 15:27 WIB
Nina Atmasari
Tiga Calon Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal di Dalam Pesawat Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat yang akan memberangkatkannya ke Arab Saudi. Ilustrasi. - ANTARA/Umarul Faruq

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek menginformasikan 3 di antaranya meninggal dalam pesawat dan 6 lainnya di rumah sakit Arab Saudi. Ia menyebut total sebanyak 9 jemaah calon haji Indonesia meninggal dunia di Arab Saudi.

"Sampai sekarang laporan dari tim kami yang meninggal itu 9 orang, 3 di pesawat dan 6 di rumah sakit Saudi Arabia," kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam kunjungannya di RSUP Dr Sardjito, Senin (22/07/2019).

Advertisement

Meski begitu, NIila Moeloek menilai kondisi jemaah calon haji Indonesia tahun 2019 ini cukup baik. Lantaran pihaknya juga telah bekerjasama dengan kementerian lain yang terkait dalam memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah calon haji.

"Jemaah haji bagus, karena kami mengkoordinasikannya juga baik dengan Kementerian Agama, Kesehatan dan Kementerian Kumham untuk tidak antre jadi imigrasinya diperpendek," ujarnya.

Selain itu, Nila Moeloek dari segi kesehatan juga telah menyediakan tim-tim khusus untuk memperhatikan kondisi jemaah calon haji selama di Arab Saudi.

Pihaknya membentuk tim khusus untuk memperhatikan kesehatan jemaah calon haji, terutama yang sudah lanjut usia.

"Kita juga punya tim promotif dan preventif untuk mengingatkan seperti tadi 'sudah minum obat belum mbah' kan si mbah suka lupa," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk memperhatikan jemaah haji Indonesia yang terlihat lelah atau sendirian selama beribadah.

Dalam hal ini tim bertugas untuk memberikan pertolongan pertama kepada jemaah calon haji. Jika tidak bisa ditangani, maka tim akan segera membawanya ke rumah sakit Arab Saudi.

"Kemudian ada tim gerak cepat, begitu kita lihat ada orang Indonesia kok linglung, jalan sendiri, tim gerak cepat akan langsung membantu," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement