Muhammadiyah Gelar Kajian tentang Kalender Islam Global

Logo Muhammadiyah. - Wikipedia
19 Juli 2019 03:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Kalender Islam global kini tengah dikaji organisasi Islam Muhammadiyah.

Majelis Tarjih dan Tajdid (MTT) PP Muhammadiyah menggelar “Konsolidasi Paham Hisab Muhammadiyah tentang Kalender Islam Global” bertempat di Aula Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cikditiro 23 Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019).

Disampaikan Syamsul Anwar Ketua MTT PP Muhammadiyah, penyelenggaraan kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan putusan muktamar ke-47 di Makassar pada tahun 2015 sebagai upaya memperjuangkan kalender Islam global dan internasional.

“Dalam rangka pelaksanaan ini, alangkah pentingnya kita harus paham dan mengkaji terlebih dahulu, sebelum kita menyampaikan hal ini kepada masyarakat luas,” kata Syamsul.

Syamsul menambahkan, kegiatan ini bukan kali pertamanya MTT PP Muhammadiyah membahas masalah kalender Islam. “Tarjih sejak tahun 2015 telah mengadakan dengan judul kegiatan yang berbeda-beda, umumnya adalah halaqah paham hisab Muhammadiyah. Bahkan kita mengundang dari beberapa organisasi lain bagaimana mereka merespons kalender Islam global tersebut,” terangnya.

Menurut Syamsul, pemahaman tentang kalender hijriyah global dan internasional ini belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat. Hal tersebut karena ada ketentuan tentang hisab dan rukyat yang memerlukan pemahaman khusus.

“Berangkat dari hal tersebut, MTT PP Muhammadiyah berjuang bagaimana agar persyarikatan dapat mensosialisasikan kalender sebagai isu-isu strategis kummatan,” katanya.

Syamsul berharap, kegiatan ini bisa dipahami dan diterima setidaknya di lingkungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM). Nantinya, MTT PP Muhammadiyah juga akan mengadakan Training of Trainer (ToT) untuk wilayah-wilayah agar informasi sampai ke wilayah.

Sumber : Okezone.com