Anggota DPR Terpilih dari Partai Nasdem Digembleng Melalui Sekolah Legislatif

Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem Johnny G Plate (tengah) didampingi Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem, Nining Indra Shaleh (kiri) dan Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya saat menggelar konferensi pers di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). - Ist/Antara.
16 Juli 2019 09:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Partai Nasdem menggembleng kadernya yang lolos sebagai anggota legislatif dalam Pemilu 2019 melalui sekolah legislatif. Program yang akan dilakukan secara bertahap bagi seluruh anggota DPR dan DPRD dari Partai Nasdem ini dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas legislator.

Adapun tahap pertama Sekolah Legislatif Partai Nasdem akan digelar bagi kader yang lolos ke senayan selama tiga hari pada Selasa (16/7/2019) hingga Jumat (19/7/2019) di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Nasdem Pancoran, Jakarta Selatan.

"Sekolah Legislatif 2019 ini kami laksanakan untuk pertama kalinya secara terpusat. Sekolah Legislatif 2019 akan diikuti calon Anggota DPR RI Terpilih dari Partai Nasdem untuk periode 2019-2024, Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah [DPW], fungsionaris DPP, sayap partai dan peserta terseleksi," kata Kepala Sekolah Legislatif Partai NasDem, Nining Indra Shaleh dalam Konferensi Pers, di DPP Partai NasDem, Jakarta, Senin (16/7/2019).

Nining mengatakan Sekolah Legislatif menunjukkan keseriusan partainya dalam upaya meningkatkan kualitas para legislator yang menjadi wakil dari masyarakat di parlemen. Untuk angkatan pertama ini, hanya akan diikuti oleh 53 anggota DPR RI, mengingat enam anggota DPR terpilih lainnya masih bersengketa.

Sedangkan untuk anggota DPRD provinsi, kabupaten dan kota secara bertahap akan mengikuti Sekolah Legislatif. "Nanti ada tujuh angkatan bagi anggota DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan DPRD kota yang dilakukan secara bertahap," katanya.

Pihaknya sudah menyiapkan kurikulum khusus untuk program Sekolah Legislatif 2019, antara lain materi pendidikan kedewanan sebesar 50%, kepartaian 20%, dan character building 30%. Ia menyebutkan pada Pileg 2019 Partai Nasdem memperoleh 59 kursi di DPR, 185 kursi di DPRD provinsi dan 1.629 kursi di DPRD kabupaten/kota, sehingga total memperoleh 1.873 kursi di parlemen.

Hal itu mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan Pemilu 2014 yang jumlahnya mencapai 1.422 kursi, naik sekitar 24,1 persen. Untuk keterwakilan perempuan di parlemen, Partai NasDem memperoleh 19 kursi atau lebih dari 30%.

"Jadi kenaikan signifikan pada kursi di Legislatif juga diimbangi dengan kualitas para legislator Partai Nasdem," ucapnya.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem Johnny G Plate menambahkan sejalan dengan kenaikan kursi baik DPR dan DPRD, kata Plate, NasDem berkomitmen melakukan kualitas agar fungsi ketatanegaraan khususnya MD3 bisa dilakukan dengan benar. "Ini diharapkan dapat menerjemahkan visi yang disebutkan oleh Presiden Jokowi bagaimana meningkatkan kualitas kinerja dan lainnya," katanya.

"Dari 59 kursi yang kami peroleh di DPR RI, sebanyak 19 kursi diisi oleh legislator perempuan. Itu berarti 32,2 persen anggota DPR dari Partai Nasdem merupakan perempuan," ujarnya.

Sumber : Antara