Amien Rais Sebut Rekonsiliasi Berujung Bagi-Bagi Kursi Itu Aib

Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) bersama Prabowo Subianto berpelukan usai memberikan pernyataan pers saat menggelar pertemuan di Stasiun MRT Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019). - Suara.com/Arief Hermawan P
15 Juli 2019 19:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Rekonsiliasi antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo dinilai jangan sampai berujung bagi-bagi kursi.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan catatan rekonsiliasi yang akan dilakukan Prabowo Subianto dan Joko Widodo atau Jokowi. Dia berharap rekonsiliasi itu dilakukan tanpa bagi-bagi kekuasaan.

Amien Rais menjelaskan belum tahu persis yang akan dilakukan Prabowo pasca bertemu dengan Jokowi, Sabtu (13/7/2019) lalu. Amien Rais mengatakan akan bertemu Prabowo dalam waktu dekat.

"Yang jelas saya sebentar lagi atau besok atau lusa akan bertemu. Namun buat saya rekonsiliasi itu sangat lucu kalau dalam wujud bagi-bagi kursi. Itu namanya bukan rekonsiliasi tetapi ya bagi kursi ada aibnya ada negatifnya," tutup Amien Rais saat jumpa pers di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2019).

Prabowo Subianto menawarkan bertemu dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais di Jakarta. Prabowo juga memberikan pilihan dia akan terbang ke Yogyakarta, kediaman Amien Rais.

Itu Prabowo lakukan setelah dirinya bertemu dengan mantan rivalnya di Pilpres 2019, Joko Widodo atau Jokowi. Ajakan Prabowo disampaikan dalam sepucuk surat ke Amien Rais.

"Paragraf yang kedua mengatakan 'setelah ini saya akan ketemu pak Pak Amien, bisa di Jakarta bisa terbang ke Jogja," kata Amien Rais.

Prabowo Subianto mengirimkan surat ke Amien Rais sebelum bertemu dengan Joko Widodo atau Jokowi. Isinya, Prabowo memberi tahu Amien Rais jika dirinya akan bertemu Jokowi di Stasiun MRT pada Sabtu (13/7/2019).

Amien Rais baru membaca surat itu Senin (15/7/2019) pagi. Amien Rais mengatakan surat dari Prabowo sudah sampai diserahkan ke dirinya sehari sebelum pertemuan itu digelar atau pada Jumat (12/7/2019).

"Isinya 'Pak Amien kemungkinan 13 Juli akan ada pertemuan dengan Jokowi, bagi saya Pak Amien kepentingan lebih besar keutuhan bangsa NKRI itu lebih saya pentingkan'," kata Amien Rais.

Sebelumnya, Amien Rais mengakui kaget mengetahui Prabowo Subianto dan Jokowi bertemu. Ia menuturkan, sama sekali tidak mengetahui kapan pertemuan itu dirancang, dan siapa perancangnya.

Untuk diketahui, Presiden Joko WIdodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto akhirnya bertemu di Stasiun MRT Lebak Bulus sekitar Pukul 10.07 WIB. Setibanya di Stasiun MRT, Presiden Jokowi dan Prabowo sempat berpelukan dan berjalan bersama.

Sejurus kemudian, Prabowo dan Jokowi langsung menaiki gerbang MRT dan melanjutkan perjalanan dari Stasiun MRT Lebak Bulus menuju Senayan.

Sepanjang perjalanan dari Stasiun MRT Lebak Bulus menuju Senayan, keduanya sempat berbincang empat mata di gerbong yang dikhususkan dalam pertemuan tersebut.

Sumber : Suara.com