Facebook Siapkan Puluhan Tenaga Pengawas Konten

CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Fortune.com)
02 Juli 2019 04:17 WIB Chelin Indra Sushmita News Share :

Harianjogja.com, SOLO – Facebook berniat membentuk petugas khusus untuk mengawasi konten. Kini, mereka sedang mencari 40 calon petugas tersebut. Pengumuman tersebut disampaikan Facebook di blog resminya.

Dikutip dari The Verge, Senin (1/7/2019), Direktur Tata Kelola dan Urusan Global Facebook, Brent Harris, mengatakan, tugas dari pengawas konten Facebook adalah menghapus materi tertentu yang tidak dikehendaki. Mereka juga bakal memutuskan kelayakan suatu konten secara independen dari manajemen Facebook.

Rencana pembuatan dewan pengawas di Facebook muncul ketika banyak kritikan dari pengguna. Sejumlah pengguna, khususnya di Amerika Serikat sempat menyerukan tindakan meninggalkan Facebook. Mereka agaknya kecewa dengan sistem Facebook yang seringkali mengalami masalah.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Facebook memang tersandung masalah kebocoran data pelanggan. Hal itu dilakukan akibat kerja sama dengan pihak ketiga yang kurang beres sehingga mengurangi kepercayaan pengguna.

Meski demikian, Facebook berhasil bangkit dan terus memperbaiki layanan demi mengembalikan citra positifnya. Salah satunya dengan cara membentuk dewan pengawas yang bertugas mengawasi konten di platform. Sebab, belakangan ini Facebook disebut sebagai salah satu media sosial yang menjadi sarana penyebaran hoaks.

Sumber : JIBI/Solopos