Sekitar Lotte Mart Bakal Jadi Exit Tol Jogja-Solo

Ilustrasi jalan tol Trans Jawa di Batang, Jawa Tengah. - Antara/Harviyan Perdana Putra
11 Juni 2019 07:57 WIB Abdul Hamied Razak News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Daerah sekitar Lotte Mart di Ringroad Utara, Depok, Sleman diproyeksikan menjadi exit tol Jogja-Solo. Sementara, exit tol Jogja-Bawen berada di sekitar Westlake, Mlati, Sleman.

Dua ruas jalur tol itu nantinya akan terhubung dengan Jalan Ringroad Utara. Sekda DIY Gatot Saptadi menjelaskan untuk sementara Pemda DIY mengusulkan agar jalan tol Jogja-Solo bisa terhubung dengan tol Jogja-Bawen. Exit tol Jogja-Bawen di ujung Barat Ringroad atau sekitar Restoran Westlake dan exit tol Jogja-Solo di sekitar Lotte Mart. "Kalau lihat desainya seperti itu. Untuk yang ke selatan masih belum dibahas, belum final. Jadi dari Manisrenggo connect yang tol ke Bawen, itu yang kami sarankan," katanya, Senin (10/6/2019).

Gatot menambahkan proses pembangunan jalan tol untuk Jogja-Solo mengalami problem ruas atau jalur. Hingga kini, katanya, ruas jalan tol dari sisi Timur Jogja (Solo-Jogja-Cilacap) tersebut masih belum disepakati. Untuk pembangunan tol Jogja-Bawen masih menunggu dari pemerintah. Adapun tol Jogja-Solo masih menunggu kesepakatan trase.

"Masih ada problem penentuan ruas, baik tol Solo-Jogja maupun Jogja-Cilacap. Kalau [akses/trase] yang Jogja Bawen sudah clear," katanya kepada wartawan.

Gatot menjelaskan ruas selatan di DIY belum disepakati (Jogja-Cilacap) karena Pemda DIY tidak ingin kebutuhan lokal setelah tol dibangun tidak dapat terpenuhi. Kebutuhan lokal yang dia maksud adalah dampak ekonomi kepada masyarakat. Dengan demikian, pembahasan soal ruas jalan tol di sisi selatan sampai saat ini belum disepakati. "Kebutuhan [ekonomi] lokal jangan sampai terganggu. Jangan hanya dilewati tol," katanya.

Dia menjelaskan keberadaan situs-situs di wilayah Timur Jogja menjadi salah satu alasan tol dibangun secara melayang (elevated). Adapun untuk sisi Selatan juga belum final apakah seluruhnya elevated, atau kombinasi antara elevated dengan at grade. "Yang Selatan belum disepakati. Alternatif ada tapi belum fiks. [Trase] Masih jadi problem, masih dibicarakan. Kemungkinan kombinasi," katanya.