Advertisement

Kisah Luhut saat SBY Kehilangan Separuh Jiwanya

Bhekti Suryani
Senin, 03 Juni 2019 - 23:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Kisah Luhut saat SBY Kehilangan Separuh Jiwanya Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memberikan penghormatan kepada Ani Yudhoyono.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kebersamaan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan sang istri, Kristiani Herawati Yudhoyono (Ani Yudhoyono), dalam mengarungi bahtera rumah tangga 46 tahun, seakan menjadikan keduanya satu kesatuan.

Tak ayal ketika salah satu terlebih dulu menghadap Sang Pencipta, kesedihan mendalam sangat terasa. Tak terkecuali itulah yang dirasakan SBY, tatkala sang istri dipanggil Tuhannya pada Sabtu (1/6/2019) di RS Singapura.

Advertisement

Momen kehilangan SBY tersebut setidaknya terlukiskan dalam tulisan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Dalam laman Facebooknya, menteri kelahiran 28 September 1947 menuliskan:

Di ruang ICU itu kemarin, beberapa saat setelah jasad Bu Ani dibersihkan, saya berada di samping Pak SBY yang mencium kening istrinya lalu membisikkan sesuatu seolah-olah belahan jiwanya itu masih bernyawa. Di titik itu saya melihat habisnya separuh jiwa Pak SBY. Saya kehabisan kata-kata. Saya hanya bisa memeluk Beliau, lalu memberikan penghormatan terakhir saya pada almarhumah Ibu Negara dari Presiden ke-6 RI tersebut.

Momen kehilangan seperti ini pasti akan dialami setiap manusia. Sehebat apapun pencapaian kita, air mata tetap tak ayal dibendung ketika saat itu tiba. Seperti bagaimana saya menyaksikan seorang mantan Presiden yang menangis selayaknya seorang manusia biasa yang terdiri dari darah, daging, tulang dan emosi juga.

Masih di National Universty Hospital, 10 sampai 15 menit setelah momen itu, keranda jenazah didatangkan. Melihat begitu sederhananya peti mati yang disiapkan, membuat saya merenung, bahwa inilah yang akan kita semua pakai nantinya. Tidak peduli apakah kita Presiden, Ibu Negara, Wakil Presiden, ataupun hanya manusia biasa, semua sama saja. Ketika sudah selesai waktu kita di dunia ini, kita akan diperlakukan sama. Tinggal masalah kapan, di mana, dan bagaimana kita berpulang.

Ya itulah hidup.

Sekarang untuk kita yang masih diberikan hidup, mari kita bawa peristiwa ini menjadi sebuah bahan refleksi diri bagaimana membuat hidup ini bermakna. Bagi saya, pada akhirnya hidup adalah tentang bagaimana kita bisa berbagi dengan orang lain, berbuat baik kepada orang lain.

Hidup begitu singkat, untuk apa kita berbuat curang atau culas. Buat apa juga kita senang membuat permusuhan atau membuat orang lain menjadi susah. Termasuk dalam hidup bernegara, untuk apa juga kita membuat perkara atau keributan terus menerus.

Selain itu saya juga melihat keteladanan SBY sebagai seorang suami yang mau terus mendampingi istrinya sampai akhir, mengesampingkan kesibukannya selama 4 bulan terakhir ini.

Terakhir, saya mengajak kita semua untuk mendoakan Pak SBY dan keluarga, supaya diberi kekuatan.

Manusia hanya bisa berencana, tapi kehendak Tuhan yang jadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement