Advertisement

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Newswire
Senin, 03 Juni 2019 - 10:57 WIB
Sunartono
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Rayakan Idul Fitri Hari Ini Jamaah Tarekat Naqsabandiyah, bersalaman dengan khatib usai melaksanakan Salat Id di Mushalla Baitul Makmur, Pauh, Padang, Sumatera Barat, Senin (3/6/2019). - Ist/Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, PADANG- Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Kota Padang, Sumatera Barat, menggelar takbiran menyambut Idul Fitri 1440 Hijriah pada Minggu (2/6/2019) malam dan merayakan lebaran hari ini.

Imam Musala Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo di Padang mengatakan, Minggu kemarin merupakan hari terakhir puasa di bulan Ramadan 1440 Hijriah dan setelah salat Isya digelar takbiran menyambut Idul Fitri.

Advertisement

"Kami nanti setelah selesai menunaikan ibadah sholat Isya akan melaksanakan Takbiran bersama jemaah lainnya," katanya seperti dikutip Antara.

Sebelumnya jemaah Tarekat Naqsabandiyah menyatakan satu Ramdan jatuh pada Sabtu (4/5) dan Idul Fitri 1440 Hijriah jatuh pada Senin (3/6/2019).

"Besok [hari ini] kami akan melaksanakan salat Ied di sini," kata dia.

Ia mengatakan penentuan satu Ramadan telah dihitung sejak bulan Rajab lalu. Dirinya juga menjelaskan bahwa metode yang digunakan dalam penghitungan menggunakan hisab dan rukyat. Hisab adalah penghitungan dan rukyat artinya melihat bulan.

"Kalau untuk penentuan satu Ramadan, telah kami hitung sejak awal Rajab lalu," ujar dia.

Sementara untuk melakukan puasa sendiri, jemaah Naqsabandiyah akan melakukan selama 30 hari dan setelah itu baru akan merayakan Idul Fitri.

Ia mengatakan jemaah Tarekat Naqsabandiyah ini bukan hanya berasal dari Kota Padang, namun juga dari berbagai kota dan kabupaten di sekitar, seperti Kota Solok, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement