Advertisement

Ini Sejumlah Faktor Penyebab Gagalnya Artis Nyaleg di Pemilu 2019

Newswire
Jum'at, 17 Mei 2019 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Ini Sejumlah Faktor Penyebab Gagalnya Artis Nyaleg di Pemilu 2019 Krisdayanti

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA-- Belasan artis yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di Pemilu 2019 Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur gagal.

Belum berhasilnya nama-nama artis menjadi anggota parlemen menurut Direktur SCG Research and Consulting Didik Prasetiyono karena disebabkan beberapa faktor.

Advertisement

Ia mencatat pengaruh bedanya nama artis dan nama di surat suara menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat tak memilihnya.

"Nama artis dan nama di surat suara berbeda sehingga pemilih bingung, meski itu penggemarnya sekalipun," ungkapnya, Kamis (16/5/2019).

Selain itu, faktor penentu lainnya yakni intensitas volume berkampanye kurang, yang kemungkinan karena kesibukan syuting sebagai artis, lalu berimbas pada pemilih yang tidak mengenali bahwa artis tersebut mencalonkan diri.

Faktor lainnya, kata dia, artis dicalonkan bukan di daerah asal yang membuat rakyat tidak mengenal dan artis bukan petarung elektoral yang bersedia "door to door" bertemu rakyat, berbeda dengan caleg politisi yang mengenali dengan baik cara pendekatan ke pemilih.

"Seharusnya artis dicalonkan dari daerah asal, seperti Krisdayanti yang warga asli Kota Batu dan dicalonkan melalui dapil Malang Raya, lalu sukses mendapatkan suara tertinggi," tutur eks-komisioner KPU Jatim tersebut.

Secara umum, Didik menilai suara mayoritas caleg artis yang maju melalui dapil Jatim dan gagal adalah tidak istimewa, kecuali Venna Melinda yang nyaris lolos kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement