Longsor Timbun Penambang di Gunung Pongkor Bogor

Ilustrasi longsoran tebing yang menimpa bagian rumah Ahmad Rodhli Setyoko di Dusun Kikis, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sabtu (23/3/2019). - Istimewa/BPBD Sleman
14 Mei 2019 05:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan puluhan penambang tertimbun akibat longsor yang terjadi di Gunung Pongkor, Desa Bantar Karet, Kabupaten Bogor, Minggu (12/5) pukul 01.00 WIB.

"Struktur tanah yang labil serta hujan deras yang terus-menerus mengakibatkan tanah longsor di Gunung Pongkor," kata Sutopo melalui pesan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (14/5/2019) dinihari.

Sutopo mengatakan pencarian dan pertolongan terhadap korban tertimbun telah dilakukan. Tim pencarian dan pertolongan telah menemukan lima korban meninggal dunia yang belum diketahui identitasnya.

Selain itu, tiga orang ditemukan selamat, yaitu Uus, 35, warga Desa Bantar Karet; Dede, 30, warga Desa Cisarua; dan Dika, 24, warga Desa Cisarua. "Puluhan penambang lain yang tertimbun belum ditemukan. Tim pencarian dan pertolongan mengalami kesulitan karena lokasi longsor yang sangat curam dan ada di kaki gunung," jelas Sutopo.

Sumber : Antara