Siang Ini, Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang Sepanjang 31 Km

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan
13 Mei 2019 11:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MALANG--Siang ini, Senin (13/5/2019), Presiden Joko Widodo akan meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 31 kilometer (km). Tol ini menghubungkan Pandaan, di Kabupaten Pasuruan ke Singosari di wilayah Kabupaten Malang.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir pada pukul 11.45 WIB di lokasi Gerbang Pintu Keluar Tol Pandaan-Malang seksi 3, yakni Gerbang Tol Singosari. Jalan Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,5 Km dan terdiri dari lima seksi.

Pada peresmian tersebut, sudah terlihat dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Selain itu, Wali Kota Malang Sutiaji, dan jajaran pimpinan daerah lainnya.

Tol Pandaan-Malang seksi satu hingga tiga akan mulai beroperasi guna mempermudah mobilitas masyarakat yang akan mudik pada perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Ruas jalan tol Pandaan-Malang terbagi dari lima seksi, pada seksi satu menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi di Kabupaten Pasuruan. Kemudian pada seksi dua, Purwodadi menuju Lawang, Kabupaten Malang, dan seksi tiga Lawang menuju Singosari Kabupaten Malang.

Kemudian untuk seksi empat dari Singosari menuju Pakis Kabupaten Malang, dan seksi lima, Pakis menuju Kota Malang.

Sementara itu, khusus untuk seksi 4 tol Pandaan Malang sepanjang 4,75 kilometer, akan dioperasikan secara fungsional. Pengoperasian secara fungsional tol Pandaan Malang seksi 4 tersebut direncanakan mencakup dua jalur baik dari arah Malang Pandaan dan sebaliknya.

Pembukaan secara fungsional seksi 4 tol Pandaan Malang diperkirakan mulai dilakukan pada H-7 menjelang Lebaran, dan diperkirakan berakhir pada H+7 setelah perayaan Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Sumber : Antara