Advertisement

Jumlah Manusia Menyusut, Jutaan Rumah di Jepang Kosong

Aprianto Cahyo Nugroho
Senin, 29 April 2019 - 22:37 WIB
Bhekti Suryani
Jumlah Manusia Menyusut, Jutaan Rumah di Jepang Kosong Properti di Tokyo, Jepang - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com ,JAKARTA –Menyusutnya populasi di Jepang menyebabkan semakin tingginya jumlah rumah kosong di negara ini.

Seperti dilansir Bloomberg dari Nikkei Asian Review, data survei 5 tahunan pemerintah menunjukkan jumlah rumah kosong mencapai 8,46 juta rumah di tengah terus berlangsungnya pembangunan perumahan. Jumlah ini melonjak 260.000 dari survei sebelumnya.

Advertisement

Banyak properti dibangun untuk penjualan, disewakan, atau untuk liburan di masa mendatang. Namun, ada sejumlah rumah yang terbengkalai, sehingga menimbulkan bahaya. Tingkat kekosongan tertinggi terdapat di prefektur bagian utara Gunung Fuji, yang merupakan daerah populer untuk rumah liburan.

Di sisi lain, menignkatnya jumlah penduduk yang pindah dari daerah pedesaan ke daerah metropolitan juga mendorong peningkatan jumlah rumah yang kosong.

Nikkei Asian Review juga menyebutkan sering ditemukannya uang tunai yang disimpan ketika rumah-rumah ini dirubuhkan. Tercatat, jumlah uang tunai yang ditemukan di satu situs perumahan yang dihancurkan di Tokyo pada tahun 2018 mencapai US$200.000.

Peningkatan jumlah rumah kosong ini berbanding terbalik dengan negara lain diperkirakan menurun. Survei tahun 2017 menunjukkan tingkat kekosongan di China mencapai sekitar 20 persen di daerah perkotaan, yang setara dengan sekitar 65 juta rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement