Advertisement

Sultan HB X: Yang Kalah Pemilu Tak Perlu Lakukan People Power

Abdul Hamied Razak
Senin, 15 April 2019 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Sultan HB X: Yang Kalah Pemilu Tak Perlu Lakukan People Power Sri Sultan HB X - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemilu 2019 diharapkan berjalan secara demokratis, aman, tanpa intimidasi dan money politics. Harapan tersebut diutarakan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur DIY Sri Sultan HX seusai mengikuti Doa Bersama untuk Pemilu 2019 yang digelar KPU DIY di Kepatihan, Senin (15/4/2019) malam.

Sultan meminta agar pemenang pemilu tidak  jemawa, sedangkan yang kalah harus bersikap kesatria. “Yang menang jangan sombong, yang kalah harus bisa menerima kekalahan dengan kesatria,” katanya.

Advertisement

Sultan mengatakan hak dan kedaulatan memilih berada di tangan rakyat. Kubu yang kalah tidak perlu melakukan people power atau pengerahan massa. “Kalau ada [pelanggaran pemilu], aturan sudah ada semua,” kata Sultan.

Menurut Sultan, peran dan partisipasi masyarakat penting untuk menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi. Hak politik pemilih harus mendapatkan jaminan. “Rakyat bisa memilih tanpa ada tekanan, tanpa ada intimidasi dan bentuk ancaman lainnya,” katanya.

Dia juga mengingatkan suksesnya pemilu bukan hanya terletak pada integritas penyelenggara pemilu, tetapi juga kerja sama semua pihak, mulai bawaslu, pemerintah, dan juga petugas keamanan untuk menjaga pelaksanaan pemilu.

“Masyarakat juga harus bisa berpartisipasi dengan santun, mengedepankan kesatuan dan persatuan. Ini harus dikawal. Doa bersama ini dilakukan untuk memohon agar kegiatan pemilu bisa berjalan aman sejuk dan lancar,” ucap Sultan.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan doa bersama tersebut melibatkan semua peserta pemilu, mulai dari pimpinan partai politik hingga calon anggota DPD. Doa bersama juga melibatkan pemuka agama dari semua agama di Indonesia.

“Semua proses dan persiapan Pemilu 2019 sudah siap. Tinggal pelaksanaannya saja yang kami harap bisa berjalan dengan aman dan lancar, kami berharap para peserta pemilu dan masyarakat bisa mendukung agar pemilu di DIY sukses.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement