Advertisement

Pemilu RI di Luar Negeri Hari Ini Berlangsung di Iran, Laos, dan Uzbekistan

Stefanus Arief Setiaji
Kamis, 11 April 2019 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Pemilu RI di Luar Negeri Hari Ini Berlangsung di Iran, Laos, dan Uzbekistan Warga melintas di depan mural ajakan menggunakan hak pilih pada Pemilu 2019 yang digelar pada Rabu, 17 April. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Pemungutan suara Pemilu 2019 untuk daerah pemilihan luar negeri pada hari berlangsung di tiga negara meliputi Iran, Laos, dan Uzbekistan.

Pemilu 2019 di luar negeri digelar sejak Senin (8/4/2019) dan berakhir pada Minggu (14/4/2019). Proses penghitungan suara di seluruh dapil luar negeri akan dilakukan secara bersama-sama pada Rabu, 17 April 2019 setelah masyarakat di dalam negeri menggunakan hak pilihnya.

Advertisement

KPU memastikan informasi penghitungan suara di luar negeri telah dilakukan dan hasilnya sudah diketahui adalah kabar palsu atau hoaks.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan penghitungan suara untuk pemilu di luar negeri dilakukan di setiap Kantor Perwakilan Luar Negeri Indonesia (KPRI). Arief Budiman ingin kepolisian mengusut beredarnya informasi palsu itu tanpa harus menunggu laporan dari KPU.

Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menuturkan sampai Rabu (10/4/2019), lokasi yang telah menggelar pemungutan suara antara lain Sanaa, Yaman; Panama City dan Quito pada 9 April 2019, dan Bangkok dan Songkhla.

Dalam pemilu di dalam negeri, setiap pemilih membawa lima kertas suara, sedangkan dalam pemilu di luar negeri pemilik hak suara hanya membawa dua kertas suara yakni kertas suara DPR dan kertas suara calon presiden-calon wakil presiden.

Calon anggota  DPR yang dipilih oleh pemilih di luar negeri mencakup daerah pemilihan DKI Jakarta II yang meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement