Advertisement

PDIP: Golkar Kalahkan Gerindra!

Aziz Rahardyan
Kamis, 21 Maret 2019 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PDIP: Golkar Kalahkan Gerindra! Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/JIBI/BISNIS - Muhammad Ridwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Sejumlah partai politik bersaing ketat. PDI Perjuangan (PDIP) sebagai partai terfavorit berharap agar koalisinya yakni Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mampu mengalahkan Gerindra yang masih berada di urutan nomor dua.

Berdasarkan berbagai survei yang dirilis, PDIP masih menempati posisi pemenang Pileg 2019, disusul Gerindra, dan Golkar di urutan ke-3. Sedangkan, PKB masih bersaing memperebutkan posisi ke-4 dengan Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"PDIP sangat berkepentingan pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin kuat, efektif dan solid. Karena itulah dalam rangka penguatan sistem presidensial, gambaran ideal terjadi apabila Golkar bisa menduduki posisi ke-2, mengalahkan Gerindra, dan PKB ke-3," ungkap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya, Kamis (21/3/2019).

Menurut Hasto, Golkar dan PKB sebagai sesama parpol KIK memiliki peluang besar untuk menekan Gerindra, sebab dua partai tersebut memiliki basis massa kultural dan tradisional yang kuat.

"Momentum Gerindra untuk turun drastis terbuka lebar karena mengandalkan efek ekor jas, tanpa dukungan kekuatan teritorial. Dengan demikian kaki-kaki Gerindra bisa diminimkan kerjanya di lapangan," tambahnya.

Terlebih, Hasto menyebut PDIP tak akan berpuas diri, dengan terus meminta seluruh simpatisan, anggota, dan kader berjuang semakin militan, meski survei menempatkan PDIP dengan elektoral tertinggi antara 24.6% sampai 29.2%, dan terakhir survei Litbang Kompas 26.9%.

Hasto berharap suara simpatisan parpol KIK akan mampu ikut mendongkrak elektabilitas capres-cawapres besutannya, Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

"Elektoral PDIP yang tinggi akan jadi daya dorong maksimum bagi Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Terlebih, kami bersama Parpol KIK lainnya seperti Golkar, PKB, PPP dan lain-lain, memiliki basis kultural dan tradisional yang kuat," tambah Hasto.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Progres TPS 3R Karangmiri Mengalami Perlambatan, Pengolahan Sampah Pemkot Jogja Bertumpu pada Nitikan

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement