PWI Jawa Tengah Gelar Puncak Perayaan HPN di Magelang

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kabupaten Magelang, Adi Waryanto (kiri) dan Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono. - Ist Dok
19 Maret 2019 22:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG-- Kota Mungkid Kabupaten Magelang akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Jawa Tengah. Puncak kegiatan akan dilaksanakan 21 hingga 23 Maret dengan beragam kegiatan yang merupakan kolaborasi Pengurus Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang bersama PWI Propinsi Jawa Tengah bersinergi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Magelang.

Ketua PWI Kabupaten Magelang Bagyo Harsono menjelaskan kegiatan ini akan diikuti pengurus PWI kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Acara akan dimulai dengan arung jeram pada Kamis (21/3/2019). Selanjutnya, di hari berikutnya, peserta akan mengikuti one day tour bareng Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) pada Jumat (22/3/2019).

One day tour akan mengelilingi sejumlah destinasi pariwisata maupun potensi wisata di wilayah ini. Mulai dari Candi Pawon, Candi Mendut, Air Terjun Kedung Kayang, Ketep Pass dan wisata agro petik buah stroberi di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan.

"Yang menarik, seluruh peserta akan naik mobil VW Cabrio atau mobil dinas eks camat akhir tahun 70-an hingga awal 80-an," kata Bagyo dalam rapat persiapan bersama pengurus PWI Jawa Tengah dan Pemkab Magelang di Ruang Bina Karya Kompeks Setda Kabupaten Magelang, Senin (18/3/2019).

Menurut Bagyo, pada one day tour nanti, salah satunya mereka akan diajak berkeliling ke sejumlah destinasi wisata di luar Candi Borobudur. "Kami yakin, mereka sudah tahu dan pernah ke Candi Borobudur, karena itu mereka kami ajak ke destinasi lainnya," jelasnya.

Untuk kali ini, ikon ditetapkan adalah Ketep Pass. Jadi mereka akan diajak mengunjungi destinasi wisata di sekitar Ketep Pass, di antaranya Air Terjun Kedung Kayang dan wisata agro berupa petik buah stroberi di Desa Banyuroto, Kecamagan Sawangan.

"Kenapa dua destinasi itu yang dipilih, karena jarak dari Ketep Pass, tidak terlalu jauh. Bahkan untuk wisata agro petik buah stroberi, hanya 1,5 km," ungkapnya.

Bagi peserta one day tour nanti, lanjutnya, khusus bagi anggota PWI akan ada lomba penulisan dengan materi tentang destinasi yang dikunjungi.

"Tak hanya menulis, kali ini kami juga ada lomba foto. Hanya untuk lomba ini, pesertanya umum tidak hanya peserta HPN saja dan materinya juga lebih luas," tambahnya.

Yang menarik lagi, selama HPN 2019 berlangsung, seluruh peserta dan panitianya menginap di homestay di desa wisata Borobudur. Pihaknya sengaja ingin memberikan pengalaman yang berbeda pada para wartawan agar menikmati suasana pedesaan asli.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyambut baik kegiatan tersebut yang akan dikolaborasikan dengan perayaan HUT Kota Mungkid ke-35 yang jatuh pada 23 Maret. "Karenanya, persiapkan segala sesuatu semaksimal mungkin. Berikan pelayanan yang baik agar setelah selesai mereka membawa pengalaman yang berkesan," katanya.

Ia menegaskan perlu ada sinergi Pemerintah dengan wartawan."Kami mohon bantuan media se-Jawa Tengah untuk mempromosikan potensi di kabupaten Magelang terutama tempat-tempat wisata," katanya.

Sekretaris PWI Jawa Tengah, Isdiyanto mengatakan PWI Jawa Tengah mengucapkan terima kasih atas sambutan dan support terutama jajaran pemerintah Kabupaten Magelang yang bersedia mendukung acara HPN tingkat Provinsi Jawa Tengah sepenuhnya.

"Kami akan membantu promosi wisata di Kabupaten Magelang di media massa masing-masing," katanya.

Dalam kegiatan ini juga akan digelar Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) PWI Jawa Tengah.