Advertisement

Debat Capres-Cawapres Akan Digelar 5 Kali, Setiap Bulan Mulai Januari Hingga April 2019

Jaffry Prabu Prakoso
Jum'at, 30 November 2018 - 18:17 WIB
Nina Atmasari
Debat Capres-Cawapres Akan Digelar 5 Kali, Setiap Bulan Mulai Januari Hingga April 2019 Debat Capres dan Cawapres - JIBI Photo

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Kegiatan ini akan berlangsung selama lima kali dimulai awal tahun hingga April. Bulan Maret diselenggarakan dua kali.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan bahwa sudah tidak ada perbedaan pendapat mengenai konsep ini.

“Kami juga akan undang para panelis untuk rumuskan materi pertanyaan untuk debat yang pertama,” katanya saat ditemui di ruangannya, Jumat (30/11/2018).

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Untuk moderator yang memimpin debat, Arief menjelaskan bahwa akan mengundang perwakilan tim kampanye pasangan calon untuk mencari siapa tokoh yang tepat membawa diskusi.

Pembawa diskusi ini bisa berasal dari kalangan profesional ataupun akademisi dan yang paling utama tidak berpihak pada salah satu pihak tertentu.

Persiapan debat ini ditargetkan rampung Desember ini. Lokasi debat sendiri akan dilakukan empat kali di Jakarta dan sekali di Surabaya. 

Arief menuturkan bahwa tidak mungkin acara tersebut dilakukan di luar pulau Jawa karena membutuhkan energi yang cukup besar. Pelaksanaan di luar Jakarta agar pesta demokrasi tidak berpusat di Ibu Kota

Saat ini sudah ada lembaga penyiaran yang setuju menjadi media massa penyelenggara meski membutuhkan energi yang cukup besar.

Akan tetapi KPU akan membuat perjanjian hitam di atas putih untuk memastikan bahwa media tersebut tidak mengundurkan diri di tengah jalan.

Advertisement

“Saya tidak mau tiba-tiba mereka diminta siarkan tapi pas deadline malah mundur. Itu harus dibuat kerja sama,” ucap Arief.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement