Ingin Jewer Haedar Nasir, Ketua PP Muhammadiyah Malah Bela Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10/2018). - ANTARA/Reno Esnir
21 November 2018 20:17 WIB Muhammad Ridwan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Buntut pernyataan Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiah Amien Rais kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas membela Amien Rais.

Menurut Anwar, tidak ada yang salah dalam pernyataan Amien Rais karena sosok Amien Rais yang dianggap sesepuh dalam Muhammadiyah.

“Jadi kalau beliau berkata demikian maka umumnya warga Muhammadiyah tidak akan ada yang merasa tersinggung termasuk saya yakin Pak Haedar sendiri,” ungkap Anwar kepada wartawan, Rabu (21/11/2018).

 Terkait pandangan politik Muhammadiyah dalam pemilihan presiden 2019 mendatang, Anwar menjelaskan bahwa Muhammadiyah tidak mudah untuk dipengaruhi.

Dengan pernyataan Amien Rais tersebut, Anwar mengatakan bahwa bukan tidak mungkin warga Muhammadiyah memiliki pandangan politik yang sama dengan Amien Rais.

“Saya rasa tidak mudah karena umumnya warga Muhammadiyah itu adalah orang-orang yang terdidik sehingga mereka sudah punya pandangan, dimana pandangan mereka itu tidak mustahil adalah sama dengan pandangan Pak Amien Rais itu sendiri,” ujarnya.

Lebih jauh, Anwar menuturkan bahwa organisasi Muhammadiyah adalah organisasi yang netral, namun untuk sikap politik anggotanya harus memiliki pilihan.

 “Jadi Pak haedar bicara dalam ranah organisasi sementara Pak Amien bicara dalam ranah pribadi dari anggota Muhammadiyah,” pungkasnya.

Sebelumnya,  Amien Rais menyatakan akan "menjewer" Haedar jika tetap membebaskan kader Muhammadiyah memilih di Pilpres 2019.



Sumber : Bisnis.com