KISAH UNIK : Ngeri! Hiu Ini Menerobos Sel Pengaman Turis yang sedang Menyelam

Slank, Steve Jam dan promotor konser Slank Rame-Rame Aksi Cinta Indonesia saat jumpa pers di Kunena Eatery, Baciro, Jumat (14/10/2016). (Holy Kartika N.S/JIBI - Harian Jogja)
15 Oktober 2016 12:20 WIB Mediani Dyah Natalia News Share :

Kisah unik mengenai predator sepanjang empat meter yang masuk ke sel pengaman penyelam.

Harianjogja.com, MEKSIKO -- Pengalaman menegangkan berhasil terekam kamera. Tepatnya saat seekor hiu putih besar merusak dan masuk ke dalam sel pengaman penyelam. Adapun saat hal ini terjadi, seorang turis sedang di dalam.

Dikutip dari Mirror, Jumat (14/10/2016), keberadaan predator sepanjang empat meter ini memang sengaja "diundang" untuk atraksi wisata. Hiu ini "dipancing" menggunakan potongan daging tuna. Horornya, hewan ini tidak hanya makan umpan tetapi juga merusak dan menerobos masuk sel pengaman penyelam.

Peristiwa ini membuat pengelola maupun wisatawan laut mengalami ketegangan. Apalagi hiu dikenal sebagai hewan yang mampu berenang dengan kecepatan 40 km per jam.

Dari video yang diunggah ke YouTube, terdengar seseorang berkata,"Ya Tuhan". Menggambarkan bagaimana ketegangan atraksi ini. Mengetahui keadaan ini, seorang pengelola wisata bergegas membuka pintu sel di sisi atas.

Dari permukaan, hiu ini terdengar mengepak-ngepak selama beberapa detik. Mendengar hal ini, beberapa orang berteriak,"Apakah [hiu] ada di dalam? dan Apakah dia [turis yang menyelam" di dalam sel pengaman?"

Tak lama, ikan ini tiba-tiba keluar dari air. Terlihat jelas hewan ini merasa tertekan dan kebingungan sehingga bergerak ke sana-sini. Darah juga terlihat dari tubuhnya. Selang beberapa detik, hiu ini keluar dari sel pengaman dan berenang menjauh.

Mengetahui hewan itu pergi, seseorang berteriak,"Adakah orang di dalam?"

Sesaat pertanyaan ini terlontar, terlihat dengan jelas wisatawan ini berada di dalam. Staf pun sgeera menarik dia dari air.

"Untunglah .. dia tidak apa," katanya.

Penyelam ini terlihat shock tetapi tak mengalami luka. Melihat semua ini, orang-orang yang ada di kapal lantas memberikan semangat dengan meneriakan ucapan selamat dan bertepuk tangan.

Wisata menyelam bersama hiu sebenarnya masih menuai pro-kontra. Sejumlah pakar menyatakan memberikan umpan untuk hiu sebagai penarik wisatawan sebenarnya dapat meningkatkan risiko penyerangan.

Peristiwa ini terjadi di dekat pulau Guadalupe, Meksiko. Adapun yang mengabadikan momen ini adalah fotografer sekaligus petualang Buck Forester.

Dia mengunggah video berdurasi 1.38 menit di akun YouTube dan Facebook. Di media sosial ini, dia biasanya mengunggah video tumbuh kembang putranya, Gabe dan Garrett.

Dia menulis,"Video ini bukanlah jenis video yang biasa kami unggah. Saya [ayah Gabe dan Garrett] belum lama ini pergi ke wisata menyelam bersama hiu. Hiu itu memang terlihat luar biasa, dan semula semua terlihat aman. Ketegangan terasa ketikat ikan ini mendekat,  membuka mulut dan memakan umpan tuna. Ternyata dia tak cuma makan, tetapi juga masuk ke dalam sel penyelam."

"Kami tak dapat melakukan apapun, hanya membuka sel pengaman yang berisi penyelam. Sekitar setengah menit berlalu, drama ini berakhir dengan keluarnya hiu. Penyelam itu juga selamat tanpa terluka. Awak kapal melakukan pekerjaan dengan baik untuk memastikan semua berjalan aman. Hiu itu benar-benar ciptaan luar biasa, apalagi kalau dilihat dari dekat."