Advertisement

5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus

Jum'at, 20 Juni 2014 - 16:00 WIB
Nina Atmasari
5 Mapala UMY Taklukkan Gunung Elbrus

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Lima mahasiswa pecinta alam (mapala) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sukses mendaki gunung tertinggi di Benua Eropa bernama Gunung Elbrus berada di Rusia. Ekspedisi sukses ini langsung mendapat sambutan hangat dari pihak kampus, Kamis (19/6/2014).

Kelima mapala UMY adalah Singgih Alnin Muttaqin, Ahmad Rasyid Gandi, M Fauzan, Saigunsi Bonita Arimi, dan Suharjono Lempo selaku penanggung jawab misi pendakian. Kelimanya sukses menancapkan bendera Merah Putih di puncak Elbrus.

Advertisement

Tidak mudah menyukseskan misi pendakian gunung Elbrus yang memiliki ketinggian 5.642 Mdpl tertinggi di Eropa. Gunung bersalju ini bukan tidak berbahaya. Nyawa menjadi taruhan karena menurut catatan sedikitnya ada 30 korban pendaki gunung ini setiap tahunnya.

"Misi pendakian dimulai sejak 1 hingga 19 Juni 2014," ujar Lempo kepada awak media, Kamis (19/6/2014).

Menurutnya, eksedisi pendakian Elbrus memang sudah lama direncanakan sebagai ajang menguji kemampuan anggota dalam sesi materi rimba dan gunung. Diperlukan kesiapan khusus tim ekspedisi menjalani karantina selama enam bulan untuk mempersiapkan fisil dan mental sebelum dilepas pihak kampus UMY pada 28 Mei silam.

Mapala UMY ini mencapai puncak Elbrus tepatnya 10 Juni 2014 pukul 12.40 waktu Moscow atau 15.40 WIB. Bukan tanpa kendala bisa sampai puncak Elbrus yang dikenal gunung mematikan. Suhu dingin cukup ektrim menjadi tantangan berat tim yang harus beradaptasi.

Sesampainya di puncak kelima mapala UMY tidak hanya puas telah berhasil menancapkan bendera Indonesia, melainkan mencatat rekor mengenakan batik ditempat tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement