Advertisement

Pengolahan Sampah, Mataram Punya TPST Modern Bisa Dicontoh Wilayah Lain

Newswire
Sabtu, 06 Juli 2024 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Pengolahan Sampah, Mataram Punya TPST Modern Bisa Dicontoh Wilayah Lain Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) modern Sandubaya, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Antara - Nirkomala)

Advertisement

Harianjogja.com, MATARAM—Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat punya tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) modern yang segera diresmikan Presiden Joko Widodo. Pemkot Mataram menyebut, pembangunan TPST Modern di Sandubaya ini dibangun dengan anggaran Rp19,9 miliar dari bantuan Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Sabtu, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima TPST modern Sandubaya akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Advertisement

"Peresmian direncanakan bulan Juli ini, dan untuk tanggal kita masih menunggu informasi lebih lanjut. Yang pasti ini menjadi kabar gembira bagi kita," katanya.

Dikatakan, kegiatan peresmian TPST modern Sandubaya itu menjadi rangkaian kegiatan Presiden di NTB, antara lain untuk peresmian bendungan Meninting di Kabupaten Lombok Barat.

BACA JUGA: Waspada! Fenomena La Nina Bisa Bikin Harga Pangan Naik

Sementara dari informasi yang diterima DLH Kota Mataram, peresmian TPST modern Sandubaya sudah masuk agenda dari kementerian.

Dalam peresmian TPST modern Sandubaya, kata Denny, pihaknya akan menampilkan hasil produksi yang sudah berhasil dilaksanakan di TPST modern.

"Seperti pembuatan batako dari sampah plastik,  budi daya maggot yang mulai membuahkan hasil," katanya.

Sampah-sampah yang masuk ke TPST Sandubaya akan diolah menjadi barang bernilai ekonomis baik itu dengan pengembangan budidaya maggot dari sampah organik, dan pembuatan batako dari sampah plastik.

Dengan demikian, diprediksi pengurangan sampah yang dibuang ke TPA akan terus berkurang dari volume sampah mencapai 280 ton per hari bisa menjadi 180 ton per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com, Sabtu 5 Oktober 2024, Formasi PPPK, Aturan Miras, Pemberhentian KA dari Gambir Dipindah ke Jatinegara

Jogja
| Sabtu, 05 Oktober 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement