Advertisement

Prediksi BMKG: Sebagian Besar Kota di Indonesia Cerah Berawan

Newswire
Jum'at, 21 Juni 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
Prediksi BMKG: Sebagian Besar Kota di Indonesia Cerah Berawan Ilustrasi. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca pada sebagian besar wilayah ibu kota provinsi cerah berawan pada Jumat.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, ibu kota provinsi di Indonesia yang berpotensi cerah berawan pada siang hari ini yakni Banda Aceh, Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Tarakan, Mataram, Kupang, Makassar, Manado, dan Padang.

Advertisement

Sementara Kota Serang dan Surabaya diprediksi cerah dengan suhu rata-rata 24-34 derajat Celcius. Kota Gorontalo, Jambi, Palangkaraya, Bandar Lampung, Ternate, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, dan Kendari diprediksi berawan pada siang hari ini.

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Pontianak dan Tarakan. Beberapa wilayah diprakirakan hujan dengan intensitas ringan pada siang hari ini, antara lain di Samarinda, Pangkal Pinang, Ambon, Palembang, dan Medan.

Sementara itu Kota Mamuju dan Tanjung Pinang diprediksi hujan dengan intensitas sedang. Sebelumnya BMKG menyatakan tengah menggelar operasi modifikasi cuaca secara serentak di lima provinsi untuk mengatasi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan di Jakarta mengatakan bahwa operasi modifikasi cuaca berlaku aktif mulai pada 14 Juni -15 Juli 2024 mulai di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Ia menyebutkan pembasahan lahan gambut dan lahan mineral menjadi fokus utama dalam operasi modifikasi cuaca tersebut sebagai upaya antisipasi atau mitigasi potensi bencana kebakaran menjelang musim kemarau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catatan Statistik Bek Anyar PSS asal Brasil, Pemegang Operan Sukses Tertinggi di Liga 1

Sleman
| Selasa, 16 Juli 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

6 Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Bogor

Wisata
| Minggu, 14 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement