Advertisement

Tak Hanya Prabowo, Berikut 7 Tokoh Militer Penerima Jenderal Kehormatan

Erta Darwati
Kamis, 29 Februari 2024 - 13:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tak Hanya Prabowo, Berikut 7 Tokoh Militer Penerima Jenderal Kehormatan Presiden Joko Widodo (tengah) membalas hormat dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan) saat penganugerahan pangkat Jenderal TNI Kehormatan yang disaksikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). - Antara - Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Gelar Jenderal Kehormatan TNI diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Rabu (28/2/2024).

Pemberian gelar tersebut diklaim telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yakni Undang-Undang No.20/2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Kehormatan.

Advertisement

Pemberian gelar jenderal kehormatan biasa terjadi. Apalagi untuk tokoh prajurit yang dinilai telah berjasa bagi nusa dan bangsa. Hanya saja, pemberian gelar kepada Prabowo memicu polemik karena kontroversi masa lalunya belum selesai.

BACA JUGA: Ketua NasDem Surya Paloh Nyatakan Dukungan Prabowo-Gibran, Faktanya Seperti Ini

Prabowo selalu dikaitkan dengan kasus penculikan 1998 yang terjadi ketika dia menjabat sebagai pimpinan di satuan elite Angkatan Darat. Dugaan keterlibatan Prabowo kemudian membuang Menteri Petahana dan Panglima ABRI (Menhankampangab) Jenderal TNI Wiranto memberhentikan Prabowo dari dinas kemiliteran.

Selain Prabowo, terdapat juga beberapa tokoh lain yang mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan TNI (HOR) antara lain, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Berdasarkan laman resmi Akademi Militer (Akmil), berikut tokoh yang pernah mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan:

1. Jenderal TNI (Purn) Hari Sabarno Kenaikan pangkat sebagai Jenderal Kehormatan juga diberikan Presiden Megawati kepada Hari Sabarno. Adapun Sabarno sempat dipercayai sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan ad interim menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

2. Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo Sarwo Edhie merupakan seorang tokoh militer Indonesia. Dia adalah ayah dari Kristiani Herrawati, istri dari Presiden ke-6 SBY. Dia memiliki peran yang sangat besar dalam penumpasan Pemberontakan Gerakan 30 September, yang saat itu sebagai panglima RPKAD (Kopassus).

3. Jenderal TNI (Purn) Soesilo Soedarman Presiden Soeharto juga memberikan penghargaan Jenderal Kehormatan kepada Soesilo Soedarman. Dia pernah menduduki jabatan sejumlah menteri.

4. Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar Agum Gumelar menjadi Purnawirawan TNI sekaligus politikus yang mendapat gelar ini. Gelar itu dia terima dari Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

5. Jenderal TNI (Purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono Peningkatan pangkat Jenderal Kehormatan juga diterima oleh Hendropriyono saat dia diminta menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara periode 2001-2004. Selain itu, dia juga dijuluki The Master of Intelligence karena menjadi profesor di bidang Ilmu Filsafat Intelijen pertama di dunia.

6. Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan Presiden Gusdur juga menganugerahkan gelar Jenderal Kehormatan kepada Luhut Binsar Pandjaitan pada 2000. Lalu, pada era Presiden ke-3 dia diangkat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura.

7. Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono Selanjutnya, gelar Jenderal Kehormatan diberikan oleh Presiden kelima Megawati Soekarnoputri kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Gelar itu diterima SBY ketika dia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan semasa pemerintahan Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Okupansi Homestay Kulonprogo Meningkat Tapi Tak Seramai Lebaran Sebelumnya

Kulonprogo
| Senin, 15 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement