Advertisement

Ketinggian Banjir di Demak Jawa Tengah Mulai Turun

Newswire
Sabtu, 10 Februari 2024 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Ketinggian Banjir di Demak Jawa Tengah Mulai Turun Sejumlah rumah di Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mulai terlihat setelah sebelumnya genangan hingga mendekati atap rumahs, sedangkan Jalan Pantura Timur Kudus-Demak masih tergenang banjir, Sabtu (10/2/2024). Antara - Akhmad Nazaruddin Lathif

Advertisement

Harianjogja.com, DEMAK—Ketinggian banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, termasuk yang menggenangi Jalan Pantura Timur Kudus-Demak, mulai turun atau menyurut Sabtu (10/2/2024) petang.

"Genangan banjir memang mulai terlihat surut, termasuk di Kecamatan Karanganyar karena genangan banjir mulai meluas," kata Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Demak M Agus Nugroho Luhur P di Demak, Sabtu.

Advertisement

 Saat ini, kata dia, genangan banjir sudah meluas ke Wonoketingal, sehingga ketika di kawasan atas tidak ada hujan tentunya banjir cepat surut.

Banjir di Desa Karanganyar, kata dia, juga mulai surut, sedangkan di Jalur Pantura Timur masih tergenang meskipun ketinggian genangan mulai menurun.

BACA JUGA: Glodok Jadi Daftar Wajib Kunjung saat Liburan Imlek 2024, Cek Spot Menariknya

Jumlah desa yang terdampak banjir tercatat 35 desa tersebar di tujuh kecamatan, yakni Gajah, Dempet, Kebonagung, Karangawen, Wonosalam, Karangtengah, dan Karanganyar. Suwardi, salah seorang warga Desa Ketanjung, Kecamatan Karanganyar, mengakui banjir mulai surut.

"Jika sebelumnya genangan hingga plafon rumah yang kebetulan di depan dirinya mengungsi di tenda yang dibuat di Tanggul Sungai Wulan, kini sudah turun hingga 1,5 meteran lebih," ujarnya.

Ia mengungkapkan genangan banjir mulai terlihat surut signifikan hari ini, namun dirinya belum bisa kembali ke rumah karena genangan di dalam rumah masih tinggi.

Sebelum banjir, dia mengaku, sempat menyelamatkan barang-barang berharga, seperti kulkas dan TV, untuk dievakuasi ke tanggul sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Minat Baca di Masyarakat Harus Terus Ditingkatkan

Sleman
| Rabu, 15 Mei 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement