Advertisement

Beredar Isu Air Isi Ulang Sebabkan Kanker Prostat, Cek Fakta & Penjelasan Pakar

Newswire
Selasa, 26 September 2023 - 23:07 WIB
Sunartono
Beredar Isu Air Isi Ulang Sebabkan Kanker Prostat, Cek Fakta & Penjelasan Pakar Galon air - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penyebab pasti kanker prostat memang belum terungkap, hanya faktor risiko yang bisa dideteksi. Akan tetapi akhir-akhir ini beredar isu air galon isi ulang menyebabkan kanker prostat.  Ahali mengungkap bahwa isu tersebut tak bisa dipertanggungjawabkan.

Dokter Spesialis Urologi RSUD Semarang,Muhammad Royanul Firdaus  mengatakan kanker prostat berisiko terjadi pada orang-orang berkulit hitam yang memiliki pola makan daging merah. “Itu hanya faktor risikonya saja, sedang sampai sekarang untuk penyebab langsungnya belum diketahui,” kata Royanul dikutip Antara.

Advertisement

BACA JUGA : Eastparchotel Yogyakarta Komitmen terhadap Kelestarian Lingkungan

Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi lebih banyak daging merah, resiko terjadinya kanker prostat itu lebih besar. Adapun gejala kanker prostat itu sendiri bervariasi mulai dari tanpa gejala sampai dengan gejala keluhan susah buang air kecil.

Dia menuturkan untuk yang tanpa gejala, kemungkinan bisa terjadi untuk orang yang sudah usia lanjut yang kondisinya tiba-tiba tidak bisa jalan. Dia juga membantah isu-isu yang menyatakan bahwa air galon guna ulang itu bisa menyebabkan penyakit kanker prostat.

”Untuk pengobatan kanker prostat juga disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker dan kondisi pasien secara keseluruhan,” katanya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat menyebut salah satu gejala kanker prostat adalah susah buang air kecil. Sementara, Layanan National Health Services (NHS) di Inggris memperingatkan bahwa kanker prostat biasanya berkembang perlahan-lahan. Hal itu memungkinkan pasien tak menyadari gejalanya selama bertahun-tahun.

BACA JUGA : Galon Air Minum Disebut Picu Autisme pada Anak, Ini Faktanya

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Profesor Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan hingga saat ini bahan BPA yang terdapat dalam kemasan plastik polikarbonat tidak terbukti menyebabkan kanker. Oleh sebab itu, Aru meminta agar masyarakat tidak perlu panik dan takut untuk mengonsumsi AMDK galon.

“Masyarakat juga tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi AMDK galon guna ulang. Bahkan salah satu kiat untuk mencegah kanker adalah dengan rutin minum air putih yang cukup dan menerapkan gaya hidup sehat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pilkada Gunungkidul: Nasdem Sebut Tiga Pendaftar Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Lolos Seleksi Administrasi

Gunungkidul
| Minggu, 12 Mei 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement